Home / Berita / Alceena Mengabdi: Menebar Empati, Memperkuat Silaturahmi, dan Membentuk Generasi Islami yang Menginspirasi di PPAI Miftahul Huda Tajinan Kabupaten Malang

Alceena Mengabdi: Menebar Empati, Memperkuat Silaturahmi, dan Membentuk Generasi Islami yang Menginspirasi di PPAI Miftahul Huda Tajinan Kabupaten Malang

Kabupaten Malang, 31 Juli 2023 – Himpunan Mahasiswa Departemen Sastra Arab (HMD Sastra Arab) menyelenggarakan kegiatan “Alceena Mengabdi” dengan tema “Menebar Empati, Memperkuat Silaturahmi, dan Membentuk Generasi Islami yang Menginspirasi” di Pondok Pesantren Putra Putri (PPAI) Miftahul Huda, Tajinan, Kabupaten Malang.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, yaitu dari tanggal 28 hingga 30 Juli 2023, bertujuan untuk mengembangkan bidang softskill para santri, khususnya bidang ghina’ Arabi (menyanyi bahasa Arab), MC (Master of Ceremony), dan khatabah (pidato). Para santri akan dibimbing oleh tutor-tutor terampil dalam masing-masing bidang tersebut. Selama dua hari, kegiatan ini akan memberikan bimbingan dan pelatihan yang diperlukan untuk meningkatkan kemahiran santri, dengan lomba di hari ketiga sebagai puncak acara.

Hari pertama kegiatan dilaksanakan dengan pembukaan resmi oleh panitia dipimpin oleh Ketua HMD Sastra Arab saudari Farika Riskiyah dan penyampaian materi dari tutor masing-masing bidang softskill. Para santri mendapatkan pengenalan dan dasar-dasar dalam mengembangkan keterampilan mereka. Pada hari kedua, mereka berkesempatan untuk berlatih dan mempraktikkan langsung setiap bidang softskill yang mereka pilih. Pada bidang ghina’ Arabi, mereka didampingi dan dipandu oleh Fitri Nur Kholifah. Sementara itu, bidang MC  didampingi oleh Muhammad Warih Hening dan Keysha Wahyu Kinanthi, serta dipandu oleh Muhammad Zahirul Fikri.

Puncak acara dilaksanakan pada hari ketiga, dimana perlombaan antar santri dari masing-masing bidang softskill diadakan. Para santri menunjukkan kemampuan terbaik mereka dalam meraih prestasi di bidang yang mereka tekuni. Acara ditutup dengan pengumuman para pemenang dan pembagian hadiah sebagai apresiasi atas usaha mereka dalam mengasah softskill mereka. Acara penutupan dimeriahkan dengan penampilan ghina’ Araby yang memukau dari Fitri Nur Kholifah, selaku pembina bidang tersebut, serta semangat dan antusiasme yang luar biasa dari para santri.

Gus ‘Ainul Yaqin, sebagai perwakilan dari pihak pondok, dengan tulus menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat berlanjut di masa depan. Ia berharap bahwa kegiatan ini akan memberikan dampak positif bagi perkembangan generasi islami yang berintegritas dan dapat menginspirasi para santri untuk berkontribusi lebih dalam memajukan umat dan bangsa. Dengan semangat dan dedikasi bersama, diharapkan upaya ini dapat menjadi tonggak penting dalam membangun masa depan yang lebih baik untuk generasi mendatang.

Alceena Mengabdi bukan hanya menjadi ajang pembelajaran dan pengembangan diri bagi para santri, tetapi juga merupakan bentuk dedikasi dari HMD Sastra Arab dalam menginspirasi generasi muda. Melalui kegiatan ini, diharapkan para santri dapat tumbuh menjadi individu yang lebih islami, penuh empati, dan mampu memperkuat silaturahmi dengan sesama. Semangat ini diharapkan mampu memberikan kontribusi positif dalam membentuk masyarakat yang lebih baik dan harmonis.

About Moch Wahib Dariyadi

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Check Also

Jokowi Ada ada saja, Pertama Dalam Sejarah Indonesia! Harga BBM Naik Ketika Minyak Dunia Turun

  Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla memastikan pemerintah segera menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *