Thursday, 13 June 2024
above article banner area

Amanat dan Khianat

Amanat dan Khianat

 

 

Nama : Ian Assadullah Achmad

NIM    : 210254528459

 

 

 

Pengertian Amanat dan Khianat

 

Pengertian Amanat         

 

Secara bahasa pengertian amanah adalah jujur dan dapat dipercaya. Kata ini berasal dari bahasa arab yaitu amina-amanatan yang berarti pesan atau perintah. Pesan atau perintah yang dimaksud di sini adalah sesuatu yang harus disampaikan kepada orang lain dengan jujur. Jujur yang dimaksud adalah jujur kepada diri sendiri dan kepada orang lain. Kejujuran kepada diri sendiri itu juga sangat penting, karena hal tersebut juga merupakan fitrah diri seorang manusia. Adapun hubungannya dengan pesan, yaitu jujur menyampaikan pesan sesuai dengan isi yang sebenarnya.

 

Secara istilah pengertian amanat adalah segala sesuatu yang dipertanggung jawabkan kepada seorang baik hak-hak itu milik Allah ( haqullah ) maupun haq hamba ( haq adami ). Entah itu berupa pekerjaan maupun perkataan dan kepercayaan hati. Setiap sesuatu hal yang menjadi hak orang lain yang berupa benda harus disampaikan kepada yang berhak tanpa adanya tambahan dan juga tanpa adanya pengurangan sedikitpun. Bisa jadi ada hak orang lain yang dititipkan secara tidak langsung melalui orang lain, sebagai contoh berupa harta. Dalam harta dan penghasilan yang dimiliki terdapat hak fakir miskin di dalamnya, maka dari itu sudah seharusnya menyampaikan hak tersebut dalam bentuk zakat, infaq, sodaqoh.

 

Menurut Ahmad Musthafa Al-Maraghi, pengertian amanat ialah segala sesuatu yang harus dijaga dipelihara supaya dapat tersampaikan kepada yang berhak atas hak tersebut. Menurutnya amanah itu terbagi menjadi 3, yaitu amanah manusia kepada Allah, Amanah manusia kepada sesama manusia, dan amanah manusia kepada dirinya sendiri.

 

Amanah manusia kepada Allah termasuk perbuatan taqwa kepada Allah yang secara langsung menjadi hak Allah, melaksanakan semua perintah dan menjauhi larangan Allah SWT, menggunakan karunia yang dimiliki yaitu berupa tubuh yang sehat dan akal pikiran untuk digunakan sebaik-baiknya untuk hal-hal yang bermanfaat.

 

Amanah manusia kepada sesama manusia, yaitu perbuatan yang menyangkut hak orang lain dan kita sebagai perantara. Contohnya menjaga barang titipan, tanpa menguranginya dan mengembalikannya kepada pemilik yang sah. Meskipun terlihat sederhana namun amanah kepada orang lain ini tidaklah mudah, banyak godaan apalagi amanah yang berkaitan dengan uang atau harta. Orang akan sangat mudah sekali tergoda barang titipan yang berupa harta. Pinjaman itu juga termasuk amanah. Suatu saat sesuai kesepakatan yang harus segera mengembalikannya dan tidak sedikit yang akhirnya tidak memenuhi kesepakatan. Banyak sekali ditemui orang bermasalah dengan orang lain bahkan temannya sendiri hanya karena urusan pinjam meminjam.

 

Amanah manusia kepada diri sendiri, adalah segala sesuatu menyangkut kebaikan bagi diri sendiri dalam urusan agama maupun urusan dunia. Tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan diri baik di dunia maupun di akhirat merupakan bentuk pertanggung jawaban diri sendiri untuk selalu memberikan asupan kebaikan untuk kebutuhan rohani

 

 

 

Ruang lingkup amanah

 

  1. Amanah fitrah ( Iman kepada Allah )

Iman kepada Allah SWT adalah amanah fitrah yang Allah kepada manusia sejak lahir.

  1. Amanah ibadah

Ibadah hanya kepada Allah merupakan bagian dari amanah yang harus ditunaikan, karena ibadah kepada-Nya merupakan salah satu konsekuensi iman dan merupakan tujuan utama manusia diciptakan.

  1. Amanah dakwah dan jihad

Tugas dakwah dan jihad adalah amanah yang harus dipikul oleh orang muslim. Setiap muslim harus menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf ( kebajikan ) dan mencegah dari yang mungkar ( keburukan ).

  1. Amanah dalam harta

Harta adalah amanah dari Allah yang harus dikelola dan dipergunakan untuk kebaikan. Allah telah memberikan petunjuk kepada manusia untuk menunaikan amanah dalam harta, termasuk pula yang berkaitan dengan titipan, pinjaman, wasiat, dan lain-lain.

  1. Amanah menjaga keselamatan dan kehormatan orang lain

Setiap manusia memiliki amanah untuk menahan diri dari menyakiti dan mengganggu fisik serta nyawa orang lain, misalnya seperti menghina, menyakiti, dll.

  1. Amanah dalam menjaga rahasia

Apabila seseorang menyampaikan sesuatu yang penting dan rahasia kepada orang lain, hal itu merupakan bentuk amanah sederhana yang harus dijaga oleh orang tersebut

  1. Amanah kekuasaan

Kekuasaan merupakan sebuah amanah. Tidak boleh dimanfaatkan untuk meraup keuntungan bagi pribadi atau keluarga.

  1. Amanah ilmu pengetahuan

Orang yang memiliki ilmu wajib menyebarkan ilmunya kepada masyarakat dan menerangi hati mereka, bahkan orang yang menyembunyikan ilmunya berarti ia telah berbuat khianat.

  1. Amanah terhadap diri sendiri

Setiap individu harus berusaha menjaga dirinya karena ia adalah amanah dari Allah SWT.

  1. Amanah keluarga

Setiap anggota keluarga akan ditanya tentang amanah dan tanggung jawabnya tersebut sesuai dengan kapasitas yang dibebankan kepadanya

  1. Amanah dalam bekerja

Ketika seseorang diberikan pekerjaan oleh orang lain, ia harus menjalankan amanah yang dipercayakan kepadanya dengan cara melaksanakan pekerjaan tersebut secara ikhlas dan juga professional.

 

 

Pengertian Khianat

 

Khianat adalah lawan dari amanah. Khianat bisa diartikan sebagai suatu perbuatan yang tidak melaksanakan atau menjaga apa yang diamanahkan dan menjadi kewajibannya kepada Allah dan Rasul-Nya, begitu juga orang lain atasnya. Khianat adalah salah satu sifat dari orang munafik sebagaimana dijelaskan nabi dalam sabdanya: “tanda-tanda orang munafik itu ada 3 (tiga), yaitu apabila berbicara berbohong, apabila berjanji mengingkari, dan apabila dipercaya ia khianat.” (HR. Muslim)

 

Ketika kita memahami arti khianat di atas, tentu orang iman sejati tidak akan ada dalam hati mereka sifat seperti itu. Al-Quran Allah menggambarkan bahwa sifat seorang mukmin sejati yang mendapatkan kebahagiaan dan keuntungan adalah mereka yang melaksanakan amanah yang dibebankan kepadanya.

 

Peringatan bagi orang yang berkhianat

 

  1. Khianat merupakan sifat munafik

“Tanda-tanda orang munafik ada tiga, yaitu jika berbicara berbohong, jika berjanji ingkar, dan jika dipercaya khianat.” HR. Muslim

  1. Khianat merupakan salah satu jalan menuju neraka

Manusia yang berbuat perbuatan khianat ini sangat merugikan semua pihak yang dikhianati sehingga Allah menyatakan dalam Al-Quran bahwa perbuatan khianat merupakan jalan menuju neraka

 

 

Kesimpulan

 

Ucapan manusia harus sejalan dengan perbuatannya, dan manusia harus dapat menjaga apa yang telah dipercayakan kepadanya, inilah yang dinamakan amanah. Apabila ucapan tersebut tidak sesuai dengan perbuatannya atau tidak dapat menjaga kepercayaannya, maka inilah yang disebut dengan khianat. Perbuatan tersebut merupakan dari ciri orang munafik dan akan menjadi jalan bagi mereka menuju neraka. Cara untuk menghindari perbuatan tersebut hendaknya manusia mengikuti petunjuk-petunjuk Al-Quran dan Al-Hadist sebagai pedoman hidupnya agar dapat mencapai kebahagiaan baik dunia maupun akhirat.

below article banner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *