Thursday, 13 June 2024
above article banner area

Ayat Makiyah dan Ayat Madiniyah

 

 

 

Ayat Makiyah dan Ayat Madiniyah

 

 

Nama               : amalia khoirunnisa

NIM                 : 210231605290

OFFERING     : B12

 

Al-Quran sebagai sumber hukum islam tidak bisa diinterogasi secara”ilmiah” dan nalar insaniyah sebab yang terkandung di dalamnya merupakan norma-norma dan doktrin yang absolut pada tingkatan ini prespektif yang kita gunakan adalah prespektif ”fideistis” seperti yang dinyatakan Soren Kierkegaard filusuf Denmark yang mengatakan bahwa iman adalah suatau”lompatan” Keberanian kita melompat tanpa didukung oleh bukti-bukti ilmiah kemudian menyimpulkan kebenaran pewahyuan Al-Quran adalah suatu Tindakan iman.

Pada masa awal turunnya Al-Quran, akan didapati fakta sejarah yang begitu berbeda antara Makkah dan Madinah. Penamaan Al-Quran itu sendiri masih banyak menimbulkan banyak penafsiran.Al-Quran sering diidentifikasikan dengan alkitab yang berarti rangkuman wahyu-wahyu berupa tulisan dari kumpulan huruf-huruf dan mengambarkan ucapan atau lafal Al-Quran diartikan juga sebagai wahyu yang tersimpan di dada manusia.Sebab nama Al-Quran berasal dari kata” qira’ah” yang bermakna agar selalu diingat. Al-Quran berbeda dengan kitab suci lainnya karena penulisan wahyu dalam Al-Quran didasarkan pada isnad yang mutawatir atau sumber-sumber yang tidak diragukan kebenarannya. Pada tahapanm selanjutnya mulai terdapat penelusuran mengenai ayat-ayat Al-Quran yang termasuk kategori makkiyah dan madaniyah,ayat-ayat termasuk juga surah yang diturunkan di Makkah dan Madinah sering disebut juga dengan makkiyah dan madaniyah. Pengertian makiyah dan madaniyah adalah bagian-bagian kitab suci Al-Quran yang termasuk pada kategori makiyah dan madaniyah.

Makkiyah adalah ayat-ayat al Quran yg diturunkan sebelum hijrab nabi muhammad saw ke Madinah walaupun ayat-ayat tersebut turun di kota Makkah,di Mina,Arafah,Hudaibiyah. Sedangkan madaniyah adalah ayat-ayat yg diturunkan setelah Nabi Muhammad saw. hijrah ke Madinah walaupun diturunkan di kota mekah dan sekitarnya seperti di Badar,Uhud,Arafah, dan Makkah.

Abu Amr dan Uthman bin sa’id al-darimi menyatakan suatu dalil

 

ما لزل بمكة ومان زل فى طر یق ا لمد ینة قبل أن یبلغ النبي صلى هللا یھعل و سلم المد ینة فھو من المكى. وما نزل . بعد ما قدم المد ینة فھر من المد نى

 

Al quran yang diturunkan di mekkah dan yang diturunkan dalam perjalanan hijrah ke madinah sebelum nabi muhammad saw. Sampai ke madinah  adalah termasuk makki.Dan al quran yang diturunkan kepada nabi muhammad saw. Dalam perjalanan-perjalanan beliau setelah di madinah adalah termasuk madani.

 

 

 

قال أبو القاسم الحسن بن محمد بن حبيب النيسابوري في كتاب التنبيه على فضل علوم القرآن‏:‏ من أشرف علوم القرآن علم نزوله وجهاته وترتيب ما نزل بمكة والمدينة وما نزل بمكة وحكمه مدني وما نزل بالمدينة وحكمه مكي وما نزل بمكة في أهل المدينة وما نزل بالمدينة في أهل مكة وما يشبه نزول المكي في المدني وما يشبه نزول المدني في المكي وما نزل بالجحفة وما نزل ببيت أهل المقدس وما نزل بالطائف وما نزل بالحديبية وما نزل ليلاً وما نزل نهاراً وما نزل مشيعاً وما نزل مفرداً والآيات المدنيات في السور المكية والآيات المكيات في السور المدنية وما حمل من مكة إلى المدينة وما حمل من المدينة إلى مكة وما حمل من المدينة إلى أرض الحبشة وما نزل مجملاً وما نزل مفسراً وما اختلفوا فيه فقال بعضهم مدني وبعضهم مكي‏.    ‏

فهذه خمسة وعشرون وجهاً من لم يعرفها ويميز بينها لم يحل له أن يتكلم في كتاب الله تعالى

 

Abdul Qosim Al hasan bin Muhammad bin Habib An Naisaburi menyebutkan dalam kitabnya at tanbih ‘Ala Fadhli Ulum Al quran

“Diantara ilmu-ilmu al quran yang paling utama adalah ilmu tentang nuzulul al quran dan wilayahnya,urutan turunnya di makkah dan madinah,tentang hukumnya yang diturunkan di mekkah tetapi pada dasarnya termasuk madani dan sebaliknya.

Juga tentang yang diturunkan di Juhfah, Baitul Maqdis, Thaif atau Hudaibiyah demikian juga tentang yang diturunkan di waktu malam di waktu siang diturunkan secara bersama-sama atau ayat-ayat madaniyah dalam surat surat makiyyah dan sebaliknya itu semua ada 25 macam orang yang tidak mengetahuinya dan tidak dapat membeda-bedakannya ia tidak berhak berbicara tentang alquran.

Dan berikut adalah macam-macam yang paling penting untuk dipelajari menurut para ulama :

  1. Apa apa yang diturunkan di makkah
  2. Apa apa yang diturunkan di madinah
  3. Perbedaan diantaranya
  4. Ayat-ayat makiyyah yang terdapat dalam surat madaniyyah
  5. Ayat-ayat madaniyyah yang terdapat dalam surat makiyyah
  6. Apa apa yang diturunkan di makkah akan tetapi hukumnya madani
  7. Apa apa yang diturunkan di madinah akan tetapi hukumnya makkah
  8. Apa apa yang menyerupai ayat makki dengan ayat madani
  9. Apa apa yang menyerupai ayat madani dengan ayat makki
  10. Apa apa yang dibawa dari makkah ke madinah
  11. Apa apa yang dibawa dari madinah ke makkah
  12. Yang diturunkan di malam hari dan di siang hari
  13. Yang diturunkan pada musim panas dan yang diturunkan pada musim dingin
  14. Apa yang diturunkan ketika bermukim dan yang diturunkan ketika dalam perjalanan

Dan ini adalah poin-poin dasar yang berfokus tentang makki dan madani,itulah mengapa ini disebut dengan ilmu Makki dan Madani

Untuk jumlah surat-surat mekkah dan madinah yang paling mendekati kebenaran,yaitu surat madaniyyah ada 20 surat :

  1. Al baqoroh
  2. Ali Imron
  3. An Nisa
  4. Al Maidah
  5. Al Anfal
  6. At Taubah
  7. An Nur
  8. Al Ahzab
  9. Muhammad
  10. Al Fath
  11. Al Hujurot
  12. Al Hadid
  13. Al Mujadalah
  14. Al Hasr
  15. Al Mumtahanah
  16. Al Jumuah
  17. Al Munafiqun
  18. At Tholaq
  19. At Tahrim
  20. An Nashr

Dan terdapat beberapa perbedaan surat dalam al quran,apakah dia makkiyah atau madaniyyah.dan itu terdapat 12 surah :

  1. Al Fatihah
  2. Ar Ra’ad
  3. Ar Rahman
  4. Ash Shof
  5. Ath Taghobun
  6. Al Muthoffifin
  7. Al Qodr
  8. Al Bayyinah
  9. Al Zazalah
  10. Al Ikhlas
  11. Al Falaq
  12. An Nas

Dan selain surah-surah yang sudah disebutkan itu termasuk surah makkiyah,dan itu berjumlah 82 surah.Maka jika di kumpulkan maka surah-surah dalam al quran berjumlah 114 surah.

Faidah mempelajari ilmu makkiyah dan madaniyyah adalah :

  1. Mempermudah dalam tafsir al Quran

Dan apabila mengetahui lokasi turunnya wahyu,maka itu dapat membantu memahami ayat tersebut dan tafsirnya secara benar.

  1. Meresapi gaya bahasa al quran dan digunakan untuk berdakwah menuju jalan Allah

Misalnya dapat dilihat pada Makkiyah bahwa bahasa yang digunakan cenderung pendek-pendek dan berisi peringatan maupun kabar gembira.Sedangkan madaniyyah berisi kalimat-kalimat panjang yang membahas tata cara kehidupan sehari-hari.

Dengan demikian,kita dapat mengetahui bahwasannya surah makkiyah dan madaniyyah memiliki bahasa tersendiri dalam penyampaian dakwahnya,dapat diambil metode atau cara yang tepat dalam berdakwah yang sesuai dengan orang yang diajak bicara,baik dari individu,keyakinan,maupun lingkungannya.

  1. Dapat mengetahui sejarah hidup Nabi Muhammad melalui turunnya ayat-ayat al Quran

Dari makkiyah dan madaniyyah,dapat juga diketahui proses penerimaan wahyu dari wahyu yang pertama kali diturunkan hingga wahyu yang terakhir diturunkan.Dapat dikatakan bahwasannya al quran adalah sumber pokok sejarah kehidupan Nabi Muhammad sehingga para sejarawan yang meriwayatkan sejarah Nabi tentu harus sesuai dengan al quran.Dan apabila berbeda,tentu sejarah tersebut tertolak.

 

below article banner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *