Wednesday, 24 July 2024
above article banner area

Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Berpotensi HKI Bagi Guru-Guru Bahasa Arab Se-Kabupaten Tulungagung

Pada hari Sabtu, 14 Oktober 2023, MAN 2 Tulungagung menjadi tuan rumah Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Berpotensi Bagi Guru-Guru Bahasa Arab Se-Kabupaten Tulungagung. Acara ini merupakan pembuatan pembelajaran menggunakan media video yang bermanfaat bagi guru-guru.

Kegiatan ini adalah wujud pengabdian kepada masyarakat oleh Departemen Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Bertemakan “Pembuatan Video Pembelajaran Berpotensi HKI Bagi Guru-Guru Bahasa Arab Se-Kabupaten Tulungagung”, pelatihan ini dihadiri oleh seluruh guru bahasa Arab se-kabupaten Tulungagung.

Acara dimulai tepat pukul 08.15 yang disambut ramah oleh Kepala Madrasah MAN 2 Tulungagung, Bapak Drs. Muhammad Dopir, M.Pd.I selaku tuan rumah. Dan acara dibuka pada pukul 09.10 khusus dari Bapak Zainal Panani, M.Pd.I selaku Kasi Pendma Kabupaten Tulungagung.

Acara selanjutnya yaitu dilakukannya Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran yang dipandu oleh Tim pengabdian pada masyarakat Universitas negeri Malang yaitu Dr. Ibnu Samsul, M.A., Dr. Moch Wahib Dariyadi, M.Pd., dan Bapak Ali Ma’sum, S.Pd, M.A.

Pemaparan pertama tentang media video untuk pembelajaran yang disampaikan oleh Dr Ibnu Samsul Huda, beliau mejelaskan bahwa era digital ini guru dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dalam penggunakan media pembelajaran termasuk dengan penggunaan media berbasis video.

Dilanjutkan dengan pemaparan kedua oleh Bapak Ali Maksum yang membahas tentang konten yang baik dalam pembelajaran bahasa Arab. Ini akan menjadi pijakan awal ketika peserta akan membuat media video, karena tanpa mengetahui konsep yang benar maka materi akan tidak terarah. Ust Ali menjelaskan bagaimana cara membuat script dan menuangkan kedalam sebuah video yang enak dilihat dan dinikmati.

Sambutan Kasi Pendma Kabupaten Tulungagung

Materi inti pada pelatihan ini adalah praktek pembuatan video yang disampaikan oleh Dr. Moch Wahib Dariyadi, beliau memberikan tutorial cara meng0perasikan software camtasia dari instalasai sampai pada proses produksi video. Peserta diminta untuk langsung mempraktekkan aplikasi tersebut di laptop mereka masing-masing. Ust. Wahib diakhir materi memberikan tips agar video ini dapat dilihat oleh banyak orang dan termasuk juga menjelaskan berkaitan dengan Hak Kekayaan  Intelektual (HAKI) dan bagaimanan mendapatkannya.

Pelatihan ini berjalan dengan lancar dan  peserta mampu membuat video pembelajaran yang menarik yang terkonsep. Begitu juga mampu mendaftarkan produk yang sudah dibuat pada laman HAKI. Semoga kedepannya Tim Pengabdian UM ini dapat membimbing dan melakukan mentoring terhadap guru-guru yang telah melakukan pelatihan ini, sehingga kemampuan guru dalam membuat video pembelajaran bahasa arab akan selalu diasah dan semakin baik.

Share
below article banner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *