Wednesday, 24 July 2024
above article banner area
Antusias para peserta mengikuti pelatihan

Pelatihan Pembuatan Wall Art Kaligrafi Arab Berbasis Digital Sukses Meningkatkan Pendapatan dan Pemanfaatan E-Commerce

Malang, 29 Oktober 2023. Dalam upaya untuk terus mengembangkan potensi serta memperluas peluang usaha, tim pengabdian masyarakat dari Universitas Negeri Malang (UM) telah berhasil menyelenggarakan pelatihan yang menghasilkan dampak positif. Pelatihan dengan judul “Pelatihan Pembuatan Produk Wall Art Decor Kaligrafi Arab Berbasis Digital untuk Meningkatkan Income Generate dan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk” ini merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat yang didanai oleh Dana Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) pada tahun 2023.

Tim pelaksana yang dipimpin oleh Dr. Moch. Wahib Dariyadi, S.Pd, M.Pd, bersama dengan Dr. Ibnu Samsul Huda, M.A, dan Ali Ma’sum, MA, serta dua mahasiswa, Tsania Khoirunnisa dan Rifka Laiyinatus Sifah, telah berhasil melaksanakan pelatihan yang bertujuan untuk mengajarkan teknik pembuatan Wall Art Decor berbasis kaligrafi Arab dengan memanfaatkan teknologi digital. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para peserta, terutama pelajar dan akademisi, dalam menciptakan produk seni yang bernilai estetika tinggi dan memiliki potensi pemasaran yang luas.

Pada pelatihan ini dibahas banyak tentang teknologi saat ini yang memainkan peran penting dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan dan bisnis. E-Commerce, atau transaksi jual beli secara elektronik melalui internet, telah membuka peluang baru dalam memasarkan produk-produk secara efisien. Oleh karena itu, pelatihan ini tidak hanya mengajarkan teknik pembuatan Wall Art Decor, tetapi juga bagaimana memanfaatkan platform E-Commerce sebagai media pemasaran yang efektif.

Selama pelatihan, tim pelaksana menggunakan metode observasi, survei pasar, dan studi literatur untuk mengidentifikasi peluang usaha serta kebutuhan pasar. Proses pembuatan produk meliputi tahap desain, produksi, dan pemasaran. Para peserta diberikan pemahaman tentang nilai seni kaligrafi Arab dan bagaimana mengaplikasikannya dalam desain Wall Art Decor. Selain itu, mereka juga diajarkan cara memanfaatkan teknologi digital dan E-Commerce untuk memasarkan produk secara efektif.

Dr. Moch. Wahib Dariyadi, ketua tim pelaksana, mengungkapkan bahwa pelatihan ini telah memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan pendapatan para peserta. “Kami sangat senang melihat hasil yang telah dicapai oleh para peserta setelah mengikuti pelatihan ini. Mereka telah berhasil menciptakan produk Wall Art Decor yang unik dan bernilai seni tinggi, dan kemudian menjualnya melalui platform E-Commerce,” ujar Dr. Wahib.

Dalam rencana kerja yang telah disusun, tim pelaksana juga akan melakukan evaluasi program serta menyusun rencana tindak lanjut untuk mengembangkan usaha ini lebih lanjut. Dengan demikian, pelatihan ini tidak hanya memberikan manfaat jangka pendek, tetapi juga berpotensi memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi para peserta dan masyarakat pada umumnya.

Share
below article banner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *