Thursday, 13 June 2024
above article banner area

BERSEDEKAH MENURUT ISLAM

 

BERSEDEKAH MENURUT ISLAM

RENGGA RAHMADHANI SETIAWAN

210512520024

 

Pengertian Sedekah

Sedekah atau shadaqah merupakan kegiatan menyisihkan dan membelanjakan harta di jalan Allah,Islam merupakan agama yang mengajarkan umatnya untuk melakukan kebaikan,

salah satunya berbagi paada manusia yang membutuhkan,dalam agami slam sendiri ,disebut sebagai sedekah dan setiap muslim dianjurkan untuk bersedekah,                                                                                      selain untuk membantu sesame manusia sedekah juga akan mendatangkan pahala dan kebaikan lainya.

 

Hukum bersedekah

-Hukum sedekah dalam islam ialah sunnah atau dianjurkan,jadi apabila dikerjakan akan mendatangkan pahala dan kebaikan dan apabila ditinggalkan, juga tidak mendatangkan dosa ,namun sedekah dapat berubah hukumnya menjadi wajib, jika seseorang muslim telah mampu dan berkecukupan berjumpa dengan orang lain yang kekurangan.

 

 

 

Hadits keutamaan bersedekah

surat Al-Talaq ayat 7, Allah SWT telah memerintahkan umat-Nya untuk bersedekah dan berjanji akan membalas kebaikan tersebut. Allah SWT berfirman yang artinya:

“Hendaklah orang yang mempunyai keluasan memberi nafkah menurut kemampuannya, dan orang yang terbatas rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak membebani kepada seseorang melainkan (sesuai) dengan apa yang diberikan Allah kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan setelah kesempitan.” (QS. Al-Talaq: 7)

 

 

Keuntungan bersedekah

 

1.Sedekah dapat menghapus dosa

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. TIRMIDZI)

Diampuninya dosa dengan sebab sedekah di sini tentu saja harus disertai taubat atas dosa yang dilakukan. Tidak sebagaimana yang dilakukan sebagian orang yang sengaja bermaksiat, seperti korupsi, memakan riba, mencuri, berbuat curang, mengambil harta anak yatim, dan sebelum melakukan hal-hal ini ia sudah merencanakan untuk bersedekah setelahnya agar ‘impas’ tidak ada dosa.

 

2.Sedekah akan membukakan pintu rizki

 

Dari Abu Hurairah RA bahwasanya Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun dua malaikat. Lalu salah satunya berkata, “Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya”, sedangkan yang satunya lagi berkata, “Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil).”” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

 

3.Sedekah memberi keberkahan pada harta

“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588)

Apa yang dimaksud hartanya tidak akan berkurang? Dalam Syarh Shahih Muslim An Nawawi menjelaskan: “Para ulama menyebutkan bahwa yang dimaksud disini mencakup 2 hal: Pertama, yaitu hartanya diberkahi dan dihindarkan dari bahaya. Maka pengurangan harta menjadi ‘impas’ tertutupi oleh berkah yang abstrak. Ini bisa dirasakan oleh indra dan kebiasaan. Kedua, jika secara dzatnya harta tersebut berkurang, maka pengurangan tersebut ‘impas’ tertutupi pahala yang didapat, dan pahala ini dilipatgandakan sampai berlipat-lipat banyaknya.

 

    4.Melindungi diri dari panasnya alam kubur

 

Hal ini karena sedekah memiliki banyak keutamaan. Salah satunya menjadi penolong dari panasnya alam kubur. Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Sesungguhnya sedekah itu benar-benar akan dapat memadamkan panasnya alam kubur bagi penghuninya, dan orang mukmin akan bernaung dibawah bayang-bayang sedekahnya“. (HR. At-Thabrani)

 

    5.Sedekah akan menolong seorang muslim di hari kiamat

 

Tak hanya membawa kebaikan saat di dunia dan akhirat, sedekah juga akan melindungi seorang muslim di hari Kiamat kelak.

Dari Abu Hurairah RA bahwasannya Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Setiap orang berada di bawah naungan sedekahnya (pada hari kiamat) hingga diputuskan di antara manusia atau ia berkata: “Ditetapkan hukuman di antara manusia.” Yazid berkata: “Abul Khair tidak pernah melewati satu haripun melainkan ia bersedekah padanya dengan sesuatu, walaupun hanya sepotong kue atau bawang merah atau seperti ini.” (HR. Al-Baihqi, Al-Hakim dan Ibnu Khuzaimah).

 

Tata Cara Sedekah

Berikut ini adalah tata cara sederhana dalam bersedekah:

1.Niatkan untuk mencari ridho Allah SWT
2. Berikan sumbangan berupa materi atau non-materi kepada orang yang butuh.
3. Tebarkan senyum dan kebaikan kepada sesama tanpa memandang derajat dan fisik.
4. Utamakan sedekah kepada keluarga, kerabat, tetangga yang memang butuh pertolongan, sebelum ke orang lain.
5. Jangan ungkit bantuan atau sedekah yang telah kamu berikan. Harapkan saja ridho Allah SWT.

Waktu terbaik sedekah

Memiliki waktu yang spesifik dalam pelaksanaanya,sedekah tidak ada aturan yang mengikat,hanya saja sedekah memiliki keutamaan dari sisi pemilihan waktu,yang dimaksutkan adalah apabila sedekah dilakukam di waktu waktu tersebut,maka pahalanya lebih besar dan keutamaan yang kita dapatkan lebih baik

Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits;

“seorang pria mendatangi rasululllah dan bertanya ‘wahai Rasulullah,sedekah yang bagaimana kah yang paling afdhol?

Maka beliau menjawab,”kamu bersedekah sehat,kikir,takut miskin dan kamu berangan angan untuk menjadi hartawan yang kaya raya dan janganlah kamu lalai hingga nyawamu sampai di tenggorokan.

Waktu terbaik bersedakah:

1.saat sehat

2.saat ingin kaya raya

3.saat khawatir miskin

4.tidak menjelang kematian

 

 

 

 

 

 

 

below article banner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *