Home / Keluarga / Biarkan Bayi Bebas Bergerak

Biarkan Bayi Bebas Bergerak

Anggapan bahwa bayi hanya bisa bergerak pasif karena semua gerakannya diatur oleh orang dewasa tak sepenuhnya tepat. Dr. Lenny Maietta dan Dr. Frank Hatcm dua pakar dari AS, menyatakan bayi sudah melatih dan menggerakkan tubuh mereka sejak di dalam rahim untuk persiapan saat lahir. Sayangnya, setelah lahir, mereka malah ‘dipaksa’ tidak melakukan apa-apa, misalnya dengan selalu digendong, atau ketika dibaringkan tidak diberi kesempatan melakukan apa pun.

Kedua dokter tersebut kemudian mengenalkan metode Kinesthetic Infant Handling-metode merawat bayi dengan membiarkannya bergerak bebas semampu dan semaunya dibantu orangtua, dari saat bedong, digendong atau dibaringkan di atas tempat tidur, bayi diberi kesempatan bergerak bersama orangtua. Metode ini terbukti efektif karena bayi-bayi itu kemudian tumbuh lebih lincah dan percaya diri, terutama ketika dicobakan pada bayi yang menyandang cacat bawaan. Orangtua dapat menerapkan metode ini tanpa perlu mengikuti kursus tertentu. Gerakan dapat dilatih bersama-sama, sampai bayi bisa berpartisipasi secara aktif.

www.ayahbunda.co.id

 

About Moch Wahib Dariyadi

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Check Also

Cara Agar Cepat Hamil

7 Langkah Agar Cepat Hamil – Anda tidak akan dapat hamil bila tidak memproduksi sel ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *