Home / Keluarga / Calon Ibu dalam Angka

Calon Ibu dalam Angka

Hal-hal menarik seputar kehamilan yang terkait angka. Seru! Simak yuk apa saja.
15 kilogram adalah total kenaikan berat badan rata-rata selama masa hamil. Namun, kenaikan BB selama hamil bervariasi pada tiap calon ibu, jadi jangan heran bila kenaikan BB Anda kurang atau lebih dari angka tersebut.
1000 cc  atau 1 liter air ketuban merendam bayi pada usia kehamilan 36 minggu.
30% ibu hamil mendengkur saat tidur karena adanya pembengkakan di rongga hidungnya. 
5 porsi buah dan sayur dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil setiap hari. Selain sebagai sumber serat, sayur dan buah kaya vitamin dan mineral, yang berperan dalam mengatur proses-proses metabolisme dalam tubuh dan sebagai anti oksidan. Dengan konsumsi secara bervariasi, daya tahan tubuh akan meningkat, sehingga calon ibu tak mudah sakit.
3 kali batas umum untuk menjalani  tindakan bedah caesar saat persalinan.  Bukan berarti tidak boleh lebih dari 3 kali, hanya saja dengan semakin sering dibedah, keadaan di dalam tubuh ibu akan semakin ‘semrawut’.   
50% lebih penyebab keguguran adalah kelainan kromosom. Penyebab lain di antaranya faktor infeksi, misalnya TORCH, atau faktor rahim, misalnya ada miom.
10.000  bayi lahir setiap hari di Indonesia berdasar catatan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), yang berarti mencapai sekitar 4 juta bayi lahir setiap tahun. Saat ini, jumlah penduduk Indonesia mencapai 237,6 juta jiwa –nomor 4 terbesar di dunia setelah Cina (1,3 miliar), India (1,1 miliar) dan Amerika Serikat (300 juta jiwa). Sepertinya, program KB harus lebih dioptimalkan!
200 miligram kafein dalam sehari yang boleh dikonsumsi selama hamil. Jumlah yang setara dengan 2 cangkir kopi instan  atau 1 cangkir kopi tubruk, atau 2 cangkir teh atau 5 kaleng minuman soda atau 2 kaleng minuman berenergi dan 200 gram cokelat batangan. Bila konsumsi kafein  lebih dari jumlah tersebut, maka dapat menyebabkan keguguran atau bayi lahir dengan berat badan rendah.
300 Kalori per hari (sekitar dua gelas nasi putih) harus ditambahkan pada porsi makan Anda selama 6 bulan terakhir kehamilan. 
15 menit lama waktu berenang dengan gaya bebas atau gaya dada selama hamil, dan dilakukan sebelum pukul 10.00 atau sesudah pukul 15.00 –saat sinar ultraviolet matahari tidak merusak kulit. Berenang secara rutin tanpa berlebihan akan memperkuat kerja jantung, sistem peredaran darah dan otot yang berguna saat persalinan tiba. 
19 minggu kehamilan saat jenis kelamin bayi sudah dapat dikenali. Bentuk kelamin laki-laki sudah terbentuk jelas, dan vagina, rahim serta saluran telur pada bayi perempuan sudah ada pada tempatnya.
75 detik Kontraksi akan berlangsung pada fase persalinan yang paling aktif.  Selama perut masih dalam keadaan tegang yang berarti masih ada kontraksi, Anda masih bisa terus mengejan. 
4 kali jumlah minimal pemeriksaan USG yang dianjurkan oleh WHO: awal setiap trimester dan menjelang persalinan. Periksa USG harus sesuai anjuran dokter.
4.000.000 Rupiah biaya rata-rata yang dibutuhkan untuk pemeriksaan kehamilan –termasuk USG dan suplemen bila perlu–  selama kurang lebih 12 kali kontrol. 

www.ayahbunda.co.id

 

About Moch Wahib Dariyadi

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Check Also

Cara Agar Cepat Hamil

7 Langkah Agar Cepat Hamil – Anda tidak akan dapat hamil bila tidak memproduksi sel ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *