Home / Tip Internet dan website / Cara Merubah Lama Waktu Sesi (Session Lifetime) Administrator Joomla

Cara Merubah Lama Waktu Sesi (Session Lifetime) Administrator Joomla

Cara Merubah Lama Waktu Sesi (Session Lifetime) Administrator Joomla

Apa sih maksud dari judul artikel Joomla kali ini. Kalau dalam bahasa inggris lama waktu sesi disini berarti session lifetime, kira-kira seperti itu. Hehe. Tujuan artikel Joomla mengangkat topik bahasan mengenai lama waktu sesi ini dikarenakan pengalaman saya saat menggunakan Joomla melalui halaman Administrator Joomla. Bisa dibilang bagi-bagi pengalaman mengenai Joomla saja, karena pengalaman ini kurang mengenakkan bagi saya.

Pernahkah Anda mengalami hal seperti ini, sudah menghabiskan banyak waktu untuk menulis suatu artikel, sudah panjang-panjang menulis suatu artikel, sudah bagus-bagus merangkai kata-kata untuk posting artikel atau sudah melakukan semuanya itu dengan kerja keras sampai harus rela membayar billing warnet yang mahal (hehe…) tetapi semua yang telah dibuat hilang begitu saja ??? Jika mengalami hal seperti itu, apa yang Anda rasa? sudah tentu kesal, marah walaupun mungkin ada yang merasa biasa saja.

Dari pengamatan saya, saat kita menulis suatu artikel, Paman Joomla ini berpikiran bahwa kita sedang tidak mengoperasikan halaman administrator Joomla kita. Berbeda jika kita berpindah dari halaman administrator ke menu manager, dari menu manager ke module manager dan sebagainya, itu baru bisa dibilang kita mengoperasikan halaman administratorl Joomla kita oleh Paman Joomla. Yang menjadi masalah adalah saat kita harus menulis artikel dalam waktu yang lama. Nah loh?

Sebenarnya masalahnya terdapat dari kata kunci di baris ke-2, yaitu “session lifetime” itu. Session lifetime ini adalah lama waktu yang ditentukan untuk melakukan logout secara otomatis dihitung sejak halaman administrator Joomla kita dalam keadaan tidak aktif. Standar waktu session lifetime yang diberikan om Joomla ialah 15 menit. Berarti, setelah 15 menit kita tidak mengoperasikan halaman administrator Joomla kita, maka akan logout secara otomatis ke halaman login halaman administrator Joomla kita. Sama saja memberikan batasan kepada kita untuk menulis artikel tidak lebih dari 15 menit.

Mengganti Lama Waktu Session Lifetime:

  • Sekarang yang perlu kita lakukan untuk mencegah hal itu adalah mengganti lama waktu session lifetime tersebut. Anda bisa mengaturnya sesuai keinginan. Caranya:
  • Login ke dalam halaman administrator Joomla.
  • Masuk ke Global Configuration Joomla.
  • Pilih submenu system.
  • Pada bagian sebelah kanan halaman Joomla, terdapat kotak isian Session Settings. Ganti waktu standar 15 menit tersebut dengan waktu yang¬† diinginkan untuk halaman administrator Joomla Anda.
  • Klik Save.

Terdapat catatan : jangan mengatur waktunya terlalu tinggi. Saya juga kurang tau apa dampaknya jika mengatur waktunya terlalu tinggi. Sebenarnya session lifetime ini berguna juga untuk keamanan halaman administrator Joomla jika kita lupa melakukan logout. Jadi, atur sebijaksana mungkin waktunya. Semoga pengalaman Pelajaran Joomla ini bermanfaat untuk teman-teman.

About Moch Wahib Dariyadi

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Check Also

Melindungi Gambar di Link Orang atau Protect Gambar Pada Web

Kadang kita tidak ingin gambar yang kita miliki dengan mudah digunakan pada web lain tanpa ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *