Home / Info Umum / Diah Racik Obat Penyakit Jantung dari Tempe

Diah Racik Obat Penyakit Jantung dari Tempe

Siapa tak kenal tempe? Makanan tradisional Indonesia ini diolah dengan berbagai cara dalam menghasilkan aneka panganan lezat. Namun, tahukah Anda jika tempe ternyata memiliki manfaat penting bagi wanita menopause.
Menopause merupakan keadaan di mana terjadi penurunan fungsi ovarium yang mengakibatkan penurunan produksi hormon esterogen. Hal ini ditandai dengan berhentinya menstruasi atau datang bulan.

Seorang mahasiswi Institut Pertanian Bogor (IPB) Diah Mulyawati Utari menemukan kandungan asam amino, asam lemak, dan isoflavon pada tempe dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner yang mudah menyerang wanita menopause.

“Beberapa penelitian tentang intervensi tempe telah dilakukan di Indonesia. Namun, sejauh ini belum diketahui pengaruh tempe secara komprehensif terhadap profil lipid, SOD, MDA, dan LDL teroksidasi pada wanita menopause sebagai kelompok berisiko terserang penyakit jantung koroner. Maka, saya tertarik untuk meneliti hal ini,” ujar Diah seperti dikutip dari pernyataan tertulis IPB, Selasa (19/7/2011).

Penelitian ini dilakukan terhadap 53 wanita menopause di Kota Bogor dengan memberikan 160 gram tempe setiap hari selama empat minggu. Jumlah ini setara dengan empat potong tempe berukuran sedang.

Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan, tempe mempunyai kemampuan menurunkan faktor risiko penyakit jantung koroner dengan memperbaiki profil lipid, yaitu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, Diah pun menyarankan agar pemerintah meningkatkan sosialisasi tempe sebagai makanan yang bermanfaat bagi kesehatan. “Masyarakat disarankan mengkonsumsi tempe setiap hari secara terus-menerus, khususnya pada wanita menopause serta kelompok lain yang memiliki risiko tinggi terkena penyakit jantung koroner,” katanya menjelaskan.

Diah berpesan, pengolahan tempe untuk mendapatkan efek maksimal bagi kesehatan dengan cara dikusus dan menghindari pengolahan tempe dengan cara menggoreng. Untuk jumlah konsumsi tempe, Diah merekomendasikan sekitar 150-160 gram per hari atau setara dengan 3-4 potong tempe berukuran sedang.

okezone.com

About Moch Wahib Dariyadi

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Check Also

Muhammad Ali, bintang tinju muslim itu, ketika namanya akan diabadikan bersama nama para tokoh terkenal di “trotoar para pesohor” di Hollywood

Muhammad Ali, bintang tinju muslim itu, ketika namanya akan diabadikan bersama nama para tokoh terkenal ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *