Domain

Domain

Website hanya dapat diakses melalui alamat nama domain. Sebagai contoh, alamat Internet-Situs-desain-website yaitu  http://www.desainwebsite.net sehingga kami atau Anda dapat mengakses website kami, untuk itu Anda harus memiliki nama domain. Nama domain dapat Anda diperoleh dengan cara membayar atau gratis.

Domain berbayar

Dibayar untuk domain, Anda harus mendaftar dan membayar nama domain sewa per tahun.  Untuk mendapatkan itu, Anda dapat mendaftar melalui situs Web Domain layanan pendaftaran. Komposisi alamat Anda akan memiliki mydomain.com tersebut atau-domain.com, dengan penggunaan karakter abjad, angka 0-9 dan tanda-pemisah.

Secara umum terdapat 2 jenis domain utama yang digunakan orang, yang gTLD dan ccTLD. Setiap dapat Anda tahu ujung dalam komposisi nama domain.

Generik Top Level Domain (gTLD)

Domain  Primer Top Level, biasanya menggunakan kode tiga huruf akhiran. Kode ini awalnya untuk menunjukkan fungsi penggunaannya, tapi sekarang ada juga yang tidak demikian karena siapapun dapat memiliki. Contoh domain .com (komersial), .net (internet kelembagaan / jaringan), dan .org (organisasi), serta masih banyak lagi.

Contoh kepemilikan terbatas, antara lain .mil (militer), .Gov (pemerintahan), dan .Edu (Pendidikan). Untuk daftar lengkap GTLD dapat anda lihat pada  Halaman Wikipedia.

Kode Negara TLD (ccTLD)

Domain utama ini disediakan untuk negara-negara di dunia. Contoh domain  . Id (Indonesia),  .Uk (Inggris), atau .Jp (Jepang).

Untuk Daftar ccTLD dapat juga anda lihat pada Halaman Wikipedia.

Misalnya untuk Indonesia, ccTLD. Id dibagi lagi sesuai dengan fungsi penggunaannya. Misalnya co.id (perusahaan).,. Or.id (organisasi), dan go.id (pemerintah).. Daftar yang lebih dapat Anda check in http://www.pandi.or.id.

Domain yang membayar bunga antara umum yang ingin membangun sebuah website profesional

Domain Gratis

Free domain biasanya disediakan oleh situs web gratis jasa layanan web hosting atau blog. Mengingat domain umumnya tidak domain utama, tapi sub domain. Komposisi alamat domain yang Anda akan mendapatkan adalah mysite.domain.com atau domain.com / mysite.

Contoh domain penyedia (plus hosting) adalah situs http://www.000webhost.com gratis. Sementara itu, penyedia free web blog, antara lain, dan http://www.blogger.com http://www.wordpress.com situs.

Jangan bingung situs web dan blog. Blog secara teknis benar website juga. Perbedaannya hanya terletak pada cara kursus manajemen. Gratis cocok untuk membangun website / blog atau untuk studi pribadi domain. Namun, alamat komposisi panjang membuat website sulit dan tidak berkesan, tidak profesional.

Hari ini juga telah terdapat layanan gratis untuk memperpendek URL domain, yang disebut URL Redirection atau URL Forwarding. Melalui layanan ini, nama domain gratis dapat disingkat cukup lama untuk membuatnya lebih mudah diingat. Contoh penyedia adalah co.cc, co.nr, dot.tk, dan tinyurl.com dan lain sebagainya.

About Moch Wahib Dariyadi

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Check Also

Melindungi Gambar di Link Orang atau Protect Gambar Pada Web

Kadang kita tidak ingin gambar yang kita miliki dengan mudah digunakan pada web lain tanpa ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *