Wednesday, 24 July 2024
above article banner area

Konferensi Internasional Bahasa Arab di Departemen Sastra Arab UM

Departemen Sastra Arab Universitas Negeri Malang (UM) telah sukses menyelenggarakan sebuah acara internasional yang tak kalah mengesankan, yaitu International Conference on Arabic Language (INCALA), yang berlangsung pada Sabtu, 11 November 2023. Acara yang bertema “Kreatifitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia” ini telah mendapatkan sambutan sangat positif dari para pesertanya.

Ketua panitia konferensi, Dr. Moch Wahib Dariyadi., M.Pd melaporakan bahwa jumlah peserta pemakalah mencapai 120 peserta dan  300 peserta non-pemakalah. Peserta yang banyak ini menunjukan antusias peserta pada acara ini. Yang lebih mengesankan adalah kehadiran dua Pamateri Utama dari luar negeri, Prof. Isa Sholeh Hamadi, Direktur Pendidikan Bahasa Arab untuk Negara Teluk di Uni Emirat Arab, dan Prof. Dr. Suad Busnasi, Ketua Akademi Wihrani di Aljazair.

Dr. Kusubakti Andajani, M.Pd, Wakil Dekan III Fakultas Sastra UM, mengungkapkan betapa pesatnya perkembangan acara ini. INCALA merupakan evolusi dari Konferensi Nasional Bahasa Arab (Konasbara), yang sebelumnya sudah berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Konasbara bisa dianggap sebagai seorang gadis remaja yang kini telah dewasa. Hal ini disampaikannya salam sambutan yang juga mengapresiasi kegiatan ini.

Dr. Andajani menjelaskan lebih lanjut bahwa kita hidup dalam era dinamika perkembangan global yang tak terbendung. Oleh karena itu, para akademisi harus senantiasa beradaptasi dengan perubahan tersebut. Ini termasuk upaya-upaya inovatif yang perlu diimplementasikan dalam dunia pendidikan. Dia menegaskan bahwa inovasi dan kreativitas adalah keniscayaan dalam proses belajar mengajar.

Dia juga mencatat bahwa belajar bahasa selalu terkait erat dengan budaya. Bahasa Arab memiliki akar budaya Islam yang kuat, yang sesuai dengan konteks di Indonesia, yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Namun, dalam realitas yang tak terhindarkan, budaya Islam telah terpengaruh oleh budaya global. Dengan INCALA, diharapkan akan muncul pemikiran dan inovasi baru yang dapat memperkaya pembelajaran Bahasa Arab, sehingga budaya dapat dijaga dan diteruskan melalui pembelajaran bahasa ini.

Dr. Mohammad Ahsanuddin, M.Pd, Ketua Departemen Sastra Arab, menjelaskan bahwa INCALA berawal dari Konasbara yang pertama kali diadakan pada tahun 2015 oleh Jurusan Sastra Arab. Konferensi ini selalu berlangsung setiap tahun, meskipun pada tahun 2020, akibat pandemi, diselenggarakan secara daring. Namun, perubahan ini justru membuka peluang lebih luas, dengan peserta dari berbagai latar belakang, termasuk guru, dosen, dan mahasiswa dari berbagai kampus serta peserta dari luar negeri. Sehingga, pada tahun 2022, acara ini secara resmi menjadi konferensi internasional.

Harapan dari pelaksanaan INCALA adalah terus berkembang dengan semakin tingginya antusiasme peserta. Ini akan membantu meningkatkan minat belajar Bahasa Arab dan juga memotivasi para guru, dosen, dan mahasiswa untuk berpartisipasi dalam forum nasional maupun internasional.

Acara ini juga diwarnai dengan kehadiran pemateri terkemuka dalam sesi utamanya yaitu Prof. Dr. H.M Abdul Hamid, MA, adalah guru besar bidang Ilmu Bahasa Arab dari Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, dan Dr. Moh. Khasairi, M.Pd dari Jurusan Sastra Arab UM. Mereka menyampaikan materi berkaitan dengan  kreativitas, inovasi, dan metode pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia.

Share
below article banner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *