Wednesday, 24 July 2024
above article banner area

Pelatihan Pembelajaran Bahasa Arab Menarik di UM oleh Departemen Sastra Arab UM

Malang, 29 Oktober 2023 – Departemen Sastra Arab Universitas Malang (UM) telah sukses menggelar Pelatihan Pembelajaran Bahasa Arab yang menarik dan informatif, bertempat di kampus utama UM pada hari Minggu, 29 Oktober 2023. Acara ini dirancang untuk membantu peserta memahami dan mendalami Bahasa Arab dengan cara yang menarik dan efektif.

Pelatihan ini diselenggarakan sebagai bagian dari upaya Departemen Sastra Arab UM untuk meningkatkan pemahaman dan minat terhadap bahasa dan budaya Arab di kalangan mahasiswa dan masyarakat umum. Acara ini menarik perhatian lebih dari 100 peserta dari berbagai latar belakang, termasuk mahasiswa, dosen, dan individu yang tertarik untuk belajar Bahasa Arab.

Dalam sambutannya, Ketua Departemen Sastra Arab UM, Dr. Ahsanuddin, menyampaikan bahwa pelatihan ini adalah salah satu upaya departemen untuk mempromosikan Bahasa Arab sebagai bahasa yang kaya budaya dan penting di dunia modern. “Kami sangat senang melihat minat yang tinggi dalam pelatihan ini. Bahasa Arab memiliki sejarah yang kaya dan menjadi salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia,” kata Dr. Ahsanuddin.

Pelatihan ini merupakan hasil kerjasama antara Departemen Sastra Arab UM dan tim pengabdian yang dipimpin oleh Dr. Moch Wahib Dariyadi. Tim pengabdian ini berkomitmen untuk memajukan pendidikan dan budaya Arab di lingkungan UM dan sekitarnya.

Peserta pelatihan dibimbing oleh sejumlah pengajar berpengalaman yang ahli dalam Bahasa Arab. Mereka menyajikan materi pelatihan dengan pendekatan yang interaktif dan menarik, menggunakan berbagai metode pembelajaran, termasuk permainan, dialog, dan media digital.

Selama pelatihan, peserta diajak untuk belajar dasar-dasar Bahasa Arab, seperti abjad Arab, tata bahasa, dan kosakata. Mereka juga diberi kesempatan untuk berlatih berbicara dalam situasi sehari-hari, seperti berbelanja, berbicara dengan teman, dan memesan makanan di restoran.

Selain materi pembelajaran yang berharga, pelatihan ini juga menyediakan informasi tentang budaya Arab, termasuk adat istiadat, kuliner, dan musik. Peserta diberikan kesempatan untuk mencicipi hidangan khas Arab dan mendengarkan musik Arab yang indah.

Acara ini mendapat sambutan positif dari peserta. Ahmad, seorang mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Arab UM, menyatakan, “Pelatihan ini benar-benar menarik. Saya merasa lebih dekat dengan bahasa Arab sekarang dan lebih paham tentang budayanya. Saya berharap ada lebih banyak acara seperti ini di masa depan.”

Pelatihan Pembelajaran Bahasa Arab Menarik di UM oleh Departemen Sastra Arab UM berhasil menciptakan pengalaman belajar yang berkesan dan memberikan dorongan bagi peserta untuk terus mengembangkan pemahaman mereka tentang Bahasa Arab. Departemen ini berencana untuk terus menyelenggarakan acara serupa di masa mendatang untuk terus menginspirasi masyarakat dalam memahami dan mencintai Bahasa Arab. Tim pengabdian yang dipimpin oleh Dr. Moch Wahib Dariyadi juga akan terus mendukung upaya ini.

Share
below article banner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *