Home / Keluarga / Ibu Hamil, Latihan Olah Napas

Ibu Hamil, Latihan Olah Napas

Olah napas adalah melakukan teknik pernapasan secara mendalam yang bermanfaat untuk proses persalinan nantinya. Gampang dilakukan dimana saja dan sesering mungkin. Saat waktunya melahirkan, ibu merasa lebih siap dan tenang. Setiap gerakan olah napas lakukan 10 kali.

Lamaze breathing. Salah satu teknik pernapasan dalam yang dapat Anda lakukan adalah teknik Lamaze breathing, ditemukan oleh Dr.Fernand Lamaze, seorang ahli kebidanan asal Perancis. Dia memperkenalkan metode melahirkan ini di tahun 1951, termasuk diantaranya teknik bernapas dan relaksasi. Latihan teknik pernapasan ini disebut slow breathing, blowing breathing, patterned breathing dan cleansing breathing.
Latihan slow breathing terdiri dari menarik dan mengeluarkan napas  perlahan-lahan 1 sampai 3 hitungan melalui hidung.
Latihan blowing breathing dilakukan dengan cara menarik napas melalui hidung secara perlahan,  kemudian mengeluarkan napas  melalui mulut  secara pelan-pelan seperti meniup lilin.
Latihan patterned breathing yaitu bernapas pendek-pendek “hee,hee, hoo.” Caranya menarik napas melalui hidung kemudian mengeluarkan napas pendek-pendek 2-3 kali dari mulut .
Latihan cleansing breath dilakukan dengan cara perlahan-lahan menarik napas dalam-dalam melalui hidung, kemudian mengeluarkan napas perlahan-lahan melalui mulut.
Di luar teknik Lamaze Anda dapat menambahkan dengan teknik:
Vocalizing, yakni menggunakan olah vokal seperti mengerang atau mengulang frasa. Anda bisa melakukannya di rumah sambil tidur atau duduk. Saat latihan, bayangkan Anda sedang menjalani proses persalinan.
Mengangkat kedua tangan. Tarik napas perlahan-lahan sambil kedua tangan diangkat lurus sejajar kepala. Rasakan udara yang mengisi penuh ruangan dalam paru-paru. Tahan kira-kira sampai hitungan kelima. Hembuskan napas perlahan-lahan sambil kedua tangan turun ke bawah. Ulangi 10 kali.
Meletakkan lidah di mulut. Tarik napas perlahan-lahan melalui hidung dan hitung sampai 4. Saat menarik napas, letakkan ujung lidah di bawah langit-langit mulut, dekat gigi. Tahan napas sampai hitungan ketujuh. Rasakan udara sampai masuk ke paru-paru, kemudian hembuskan napas melalui mulut dalam hitungan 1 sampai 8. Bersuara saat Anda menghembuskan napas.
Tarik napas dalam-dalam sampai memenuhi paru-paru dan dada terlihat tertarik ke dalam. Kemudian hembuskan napas perlahan sambil membayangkan pusar Anda ‘tenggelam’ di daerah tulang belakang. Santai sejenak dan ulangi gerakan ini. Jangan bernapas terlalu cepat (hyperventilating) karena dapat membuat Anda merasa pusing. Jika Anda merasa pusing, tarik napas perlahan selama 1-2 menit sampai Anda merasa lebih baik.
Latihan Bisa Dilakukan Dengan:
•  Posisi duduk.
•  Leher dan kepala tetap tegak namun dalam kondisi rileks.
•  Selesai latihan olah napas, istirahat 1 atau 2 detik sebelum lanjut ke gerakan berikut.

Manfaat Selama Kehamilan
Ibu merasa nyaman, fokus dan rileks.
Memberikan oksigen cukup untuk ibu dan bayinya. Oksigen membantu melancarkan aliran darah ibu sehingga akan semakin lancar pula pasokan nutrisi ke janin.
Saat perut semakin besar, ibu tetap dapat bernapas dengan normal.
Menjaga aliran oksigen dan karbon dioksida untuk mencegah ibu hamil dari menahan napas selama kontraksi (ibu hamil harus tetap bernapas secara normal selama melahirkan).

www.ayahbunda.co.id

 

About Moch Wahib Dariyadi

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Check Also

Cara Agar Cepat Hamil

7 Langkah Agar Cepat Hamil – Anda tidak akan dapat hamil bila tidak memproduksi sel ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *