Home / Keluarga / Kami Siap Punya Bayi

Kami Siap Punya Bayi

Tak hanya faktor kesuburan, aspek emosi yang didasari rasa tidak aman, ragu atau marah bisa juga menjadi penghalang terjadinya pembuahan. Komunikasi jadi inti dari hubungan suami-istri yang harmonis. Begitu juga ketika Anda dan pasangan ingin segera punya bayi.

Trik untuk hadapi masalah prakonsepsi seputar emosi adalah mengomunikasikan perasaan masing-masing agar persiapan mental dan emosi untuk jadi orang tua menjadi tuntas.

Cara termudah mendata dan mengomunikasikan beberapa masalah emosi yang tak terselesaikan adalah dengan melakukan journaling atau membuat catatan “perjalanan” prakonsepsi, Jurnal Prakonsepsi. Langkah-langkah journaling:

Cari waktu berkomunikasi dengan pasangan. Rencanakan waktu dan tempat yang tepat untuk melakukannya, agar Anda dan pasangan merasa nyaman dan leluasa. Lalu, ciptakan suasana yang relaks dan nyaman, agar Anda berdua dapat fokus melakukan refleksi dan komunikasi.

Buat semacam daftar pertanyaan. Anda dan pasangan harus menjawab  masing-masing pertanyaan tersebut secara terbuka. Jadi, ketika pasangan menjawab, Anda wajib mendengarkan, demikian pula sebaliknya.

Panduan pertanyaan. Beberapa pertanyaan berikut ini dapat menjadi panduan, namun Anda berdua dapat menambahkan beberapa pertanyaan lain untuk menggali masalah secara lebih menyeluruh.

1. Uraikan tujuan Anda menjadi orang tua sekarang,
“Saya ingin menjadi ibu sekarang karena ….”
 “Saya ingin menjadi ayah sekarang karena …”
2. Uraikan mengapa sebagian dari diri Anda ragu untuk menjadi ibu sekarang,
“Saya tidak yakin untuk segera hamil saat ini karena …. “
“Saya ragu untuk segera menjadi ayah karena ….”
3. Jawab pertanyaan dengan logika terbalik,
“Jika saya tidak hamil sekarang, maka …” (Jelaskan kecemasan, kekhawatiran dan kepedulian Anda. Pertanyaan untuk calon ayah,
“Jika saya tidak memiliki anak sekarang, maka … “ (Jawab, mengapa menjadi ayah sekarang jadi begitu penting).
4. Gali lebih jauh ke sumber masalah Anda dan pasangan,
“Apa saja hal terbaik dan terburuk yang Anda hadapi apabila Anda menjadi   ibu/ayah sekarang?”
“Apakah hal termudah dan tersulit yang mungkin akan Anda hadapi ketika Anda hamil sekarang?”
“Bagaimana kehadiran Anda memengaruhi hubungan Anda berdua?”    
“Apakah kehadiran anak Anda akan memengaruhi karir Anda?”
“Apa hal paling seru yang akan Anda hadapi ketika Anda jadi ibu/ayah sekarang?”
“Apa yang paling menakutkan jika Anda menjadi ibu/ayah sekarang?”
Setelah Menemukan ”Persoalan” .
Cobalah untuk membantu pasangan menyelesaikan masalah yang dihadapi. Misalnya, bila istri merasa sulit hamil, suami wajib meyakinkan dan menenangkan. Sebaliknya, istri juga perlu menguatkan mental suami, terutama jika calon ayah merasa belum siap.
Bila sumber masalah sedemikian kompleks dan Anda sebagai pasangan tidak menemukan solusi, segera mencari bantuan. Bisa ke psikolog, psikiater, lembaga konsultasi perkawinan atau lembaga konsultasi keluarga. Tak selalu harus nasihat dokter atau psikolog, Ibu atau ayah Anda pun bisa menjadi nara sumber solusi. Yang penting, bila Anda dan pasangan memutuskan memilih salah satu anggota keluarga, maka dia harus dapat memosisikan diri secara netral dan dapat melihat masalah secara obyektif. 
Bila semua masalah dapat diselesaikan sendiri tanpa bantuan, cobalah untuk mengisi kembali jurnal dengan pertanyaan yang sama beberapa minggu kemudian. Cek, apakah jawaban Anda dan pasangan ada yang berubah. Bila ya, ada dua kemungkinan, yakni masalah sudah diselesaikan dengan baik, atau sebaliknya Anda berdua perlu mendapatkan bantuan.
Inikah sumber masalahnya? Beberapa sumber masalah yang mungkin berujung pada belum terwujudnya impian Anda dan pasangan untuk segera punya bayi:
“Saya belum siap!”
“Saya takut.”
“Saya ingin hamil sekarang tetapi …”
“Saya cemas, saya tidak bisa hamil.”
Tiga pertanyaan pertama, dapat Anda selesaikan bersama pasangan dengan mengisi daftar pertanyaan jurnal prakonsepsi. Khusus pertanyaan keempat, calon ibu perlu refleksi terhadap diri sendiri dengan pertanyaan-pertanyaan yang mengarah pada persiapan fisik sebelum hamil.

www.ayahbunda.co.id

 

About Moch Wahib Dariyadi

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Check Also

Cara Agar Cepat Hamil

7 Langkah Agar Cepat Hamil – Anda tidak akan dapat hamil bila tidak memproduksi sel ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *