Wednesday, 24 July 2024
above article banner area
Tahu Enak Cak Uri

Tim Dosen Pengabdian JSA FS UM Mengadakan Pelatihan Sablon Kaos Digital dengan Custom Desain Kaligrafi Arab

Digital Jatim. Tim Pengabdian Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang yang diketua Dr. Moch Wahib Dariyadi, M.Pd, mengadakan pelatihan samblon digital dengan konsep kaligrafi. Dalam sambutan pembukaan acara tersebut Wahib mengatakan bahwa sudah banyak yang membuat usaha percetakan samblon, tetapi pelatihan ini penting dilakukan karena ada nilai lebih yaitu bantanyak pengusahasa sablon dalam membuatan desain tidak mempertimbangkan kaidah yang benar dalam penulisan khat atau kaligrafi.

 

Alasan yang kedua, lanjut Wahib adalah karena banyak juga pelaku usaha sablon dalam membuat sablon tidak memperhatikan sisi edukatif sehingga yang penting kaos yang dibuat laku keras dan banyak mendatangkan banyak uang.

WhatsApp Image 2021-11-25 at 10.16.33

Selanjutnya pemaparan materi oleh Bapak Ali Ma’sum MA. Baliau menjelaskan tentang kaligrafi yang banyak bertebaran di dunia maya dan dipasaran, beliau banyak mengkritisi tentang bentuk kaligrafi kaos yang ada, dari kaidah penulisannya sampai pada unsur kebahasaan. Sedangkan pemateri yang kedua adalah Dr. Ibnu Samsul Huda, MA. Beliau banyak membahas tentang bagaimana menulis kaligrafi yang benar dana juga memberikan motivasi pada mahasiswa dan juga pegiatan kaligrafi untuk bisa tertunjuga di dunia digital agar bisa mengikuti dengan perkembangan zaman.Perkembangan teknologi yang begitu pesat sebenarnya punya dampak yang besar pada industri konveksi. Dimana proses sablon yang mula-mula banyak dijalankan secara manual kini berubah dengan cara digital. Salah satu teknik yang digunakan dalam digital printing yaitu pembuatan sablon menggunakan teknik sublim.

WhatsApp Image 2021-11-25 at 10.49.02

 

Teknik sablon sublimasi adalah salah satu inovasi dalam teknik sablon digital yang mulai digunakan pada industri garmen dan pakaian di Indonesia. Contoh paling sederhana dari sablon sublimasi dapat dilihat pada kaos sepak bola, kaos/jersey sepeda, baju motorcross dan kaos olahraga lainnya secara umum.

 

Alasan juga mengapa harus melakukan penelitian ini adalah Produk yang dihasilkan juga belum memiliki kemasan yang menarik. Hal ini akan berdampak pada minat konsumen saat hendak membeli produk dan mengakibatkan pendapatan kelompok usaha koveksi menurun.

WhatsApp Image 2021-11-25 at 10.53.40

 

Berdasarkan hal tersebut, Tim Pengabdian JSA FS Universitas Negeri Malang menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat  pada hari kamis, 14 Oktober 2021 bertempat di halaman perumaha palmira graha dan pertemuan secara virtual diadakan secara online pada tanggal 12 November 2021 di rungan zoom meeting.

 

Materi yang disampaikan mencakup pembahasan seputar peluang usaha kaos kaligrafi digital ini, inovasi produk, pemasaran, dan pengemasan produk yang baik. Kemudian juga dibahas mengenai kebutuhan dalam usaha kaos kaligrafi ini.

 

Adapun bimbingann teknis yang dilakukan mencakup proses pembuatan kaos kaligrafi digital, layanan pembuatan branding hingga teknik mengemas produk. Peserta pelatihan sangat antusias terhadapat pelatihan ini dan akan menindaklanjuti dengan mengembaangkan usaha dibidang kaligrafi kaos ini.

 

Share
below article banner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *