Home / Tip Internet dan website / Memilih web hosting

Memilih web hosting

Memilih web hosting

Pada saat ini, memilih webhosting  tidak semudah memilih web hosting di masa lampau, utamanya sebelum tahun 2000-an, di mana tidak terdapat  banyak penyedia seperti sekarang. Juga jumlah penyedia hosting yang tampaknya tidak menawarkan banyak perbedaan.

Sebuah situs internet tidak akan memiliki layanan atau fasilitas  yang sama, entah itu konten, jumlah pengunjung, yang mana aplikasi dan aspek lainnya. Begitu juga dengan penyedia hosting, web hosting yang baik dan cocok untuk seseorang belum tentu bagus dan cocok untuk Anda.

Berikut merupakan tips memilih hosting

Fitur dan kapasitas yang ditawarkan

Periksa fitur dan kapasitas yang ditawarkan oleh penyedia hosting, apakah sesuai dengan kebutuhan anda dan mampu beradaptasi sejalan dengan perkembangan situs Anda. Banyak penyedia hosting yang menawarkan fitur serbaguna dengan kapasitas bombastis hanya taktik pemasaran, atau harga yang murah dengan fitur terbatas yang memaksa anda membayar jauh lebih mahal ketika Anda membutuhkan upgrade.

Harga yang ditawarkan

Periksa harga yang ditawarkan oleh penyedia hosting, seringkali harga berbanding lurus dengan kualitas, tetapi juga harga yang terlalu tinggi dapat menunjukkan hal-hal yang tidak efisien. Hindari penyedia hosting yang menawarkan kapasitas berlebih (space besar puluhan atau ratusan gigabyte dan bandwidth dari ratusan atau ribuan gigabyte) dengan harga terlalu rendah, penyedia hosting seperti hanya melakukan overselling, menjual jauh melebihi kapasitas mereka.

Proses Aktivasi

Menunggu hari hanya untuk proses aktivasi? Dalam era semua ini instan kita dituntut serba cepat, dan benar-benar tidak masuk akal jika proses aktivasi web hosting, yang terkomputerisasi, memakan waktu lebih dari satu hari.

Periksa Hardware dan Jaringan

Web server harus tetap hidup non-stop dan bisa diakses dari mana saja, untuk itu kelas hardware dan jaringan internasional besar. Terutama dalam versi generasi kedua situs ini web di mana Internet menghubungi satu sama lain. Banyak penyedia hosting yang berada di jaringan IIX tidak mempunyai koneksi cukup internasional untuk berkomunikasi dengan situs lainnya, atau bahkan mengirim / menerima email sekalipun.

Perdana berkualitas hardware yang dirancang untuk server (kelas Intel Xeon atau AMD Opteron dengan RAID hard drive), daripada kelas komputer desktop yang diberi tugas sebagai server, dan penempatan pada data center terbaik dengan Multi-homed jaringan yang dapat diakses dengan cepat dari setiap bagian dari dunia.

Uptime menjamin dan Data Anda

Profesionalisme menuntut transparansi. Periksa apakah jaminan pada hosting data Anda yang didukung oleh perjanjian layanan dan kompensasi jika tidak terpenuhi. Banyak penyedia hosting yang hanya menyebutkan uptime tanpa dukungan dan fasilitas untuk memeriksa perjanjian untuk keamanan anda.

Sepenuhnya menjamin privasi data anda. 99.8% uptime didukung oleh fasilitas untuk monitor pihak ketiga yang bisa diverifikasi diperkuat dengan Jaminan Layanan (Kontrak) yang memberi anda kredit jika Anda tidak memenuhi.

Risiko

Setiap keputusan mengandung resiko, apapun itu. Pertimbangkan dengan hati-hati resiko yang mungkin dihadapi dalam memilih web hosting, baik resiko terbaik dan risiko yang terburuk. Beberapa web hosting mungkin menyediakan free trial (coba selama beberapa hari) tetapi mungkin setelah beberapa bulan Anda menemukan masalah dan ingin berpindah hosting tapi masalah lain seperti kurangnya jaminan uang kembali dan proses yang sulit transfer dari hosting operator.

Paket menyediakan pilihan pembayaran bulanan yang tidak terikat untuk setiap kali Anda dapat mematahkan jika anda tidak memerlukan layanan lain hosting dan jaminan uang kembali untuk pembayaran dengan waktu yang lama. Juga diikuti ketika mengembangkan situs Anda populer dan tidak bisa lagi ditampung dalam lingkungan shared hosting dengan pilihan upgrade ke VPS (virtual private server) adalah terjangkau atau dedicated server yang memberikan keunggulan tertinggi.

About Moch Wahib Dariyadi

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Check Also

Melindungi Gambar di Link Orang atau Protect Gambar Pada Web

Kadang kita tidak ingin gambar yang kita miliki dengan mudah digunakan pada web lain tanpa ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *