Home / Gaya Hidup / Menu Sehat sesuai Gol Darah A

Menu Sehat sesuai Gol Darah A

Setiap jenis makanan mempengaruhi metabolisme dan kandungan darah yang mengalir di dalam tubuh manusia. Karena itu ketidakseimbangan daya tahan tubuh dan gangguan pada darah sering menimbulkan penyakit, seperti kegemukan, gangguan system pencernaan, jantung, kanker dan diabetes.

Menurut riset doket dan ahli kesehatan mengemukakan bahwa perbedaan golongan darah membuat perbedaan jenis makanan yang menguntungkan dan merugikan pada setiap golongan darah. Berikut kita kupas satu persatu makan sehat sesuai dengan golongan darah.

Golongan darah A rentan terhadap penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Makanan yang alami, segar dan organic sangat cocok untuk golongan darah A. Golongan darah ini kurang baik makan daging, karena akan menyimpannya sebagai lemak yang akan menyebabkan obesitas. Susu juga kurang bagus karena golongan darah A memiliki kadar asam lambung yang rendah. Golongan darah A ini paling cocok menjadi vegetarian. Berikut makanan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi dan tidak dikonsumsi oleh golongan darah A.

Makanan dan minuman yang bisa menambah berat badan
Daging, susu, kacang merah, gandum

Makanan dan minuman yang bisa menurunkan berat badan
Sayuran : Minyak sayur, kedelai dan produk olahannya, nanas

Makanan dan minuman yang sesuai dengan golongan darah A
Seafood dan ikan : Semua ikan laut seperti salmon, kakap, mackerel, pickerel, gindara. Semua ikan tawar seperti gurame, gabus, patin, lele

Buah-buahan
Golongan darah A dianjurkan untuk makan buah tiga kali sehari. Hampir semua buah cocok untuk golongan darah ini kecuali mangga, papaya dan jeruk yang dapat mengganggu sistim pencernaan.

Sayur-sayuran
Golongan darah A sangat membutuhkan konsumsi sayur. Sebaiknya sayur dimakan mentah atau disteam untuk mendapat nutrisi terbaik. Adapaun sayur-sayuran yang sangat cocok untuk golongan darah A terdiri: Kedelai dan produk olahanya seperti tahu, susu kedelai dan tauco, sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kangkung, kacang panjang, daun singkong, dan peterseli. Bawang-bawangan seperti bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay, wortel, labu.

Jenis makanan lain : Tepung beras, minyak zaitun, jahe,tepung roti, mie, kunyit, teh hijau

Makanan dan Minuman yang harus dihindari
Daging-dagingan: Daging babi, daging kambing, daging sapi, daging kerbau, kelinci, bebek

Seafood : Kodok, telur ikan, udang, kerang-kerangan, gurita, cumi, lobster

Sayur-sayuran: kentang, jinten, cabe merah, kuning dan rawit, kacang merah, acar

Buah-buahan: pisang, melon, jeruk, mangga, kelapa, papaya Minuman : minuman bersoda, susu murni dan susu krim, teh hitam, ice cream Jenis makanan lain: Mentega, keju parmesan, tepung gandum, blue cheese, saus tomat

gayahidupwanita.blogspot.com

About Moch Wahib Dariyadi

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Check Also

Model Jilbab Terbaru 2012 Untuk Wanita Muslim

Model Jilbab Terbaru 2012 Untuk Wanita Muslim – Jilbab merupakan bagian dari fesyen yang wajib ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *