Thursday, 13 June 2024
above article banner area

Menuntut Ilmu Dalam Pandangan Islam

Tugas Artikel PAI

Nama : Dheo Alfahreza

Nim    : 210512520028

Offr    : C1/D3 Teknik Mesin

 

 

Menuntut Ilmu Dalam Pandangan Islam

 

Ilmu pengetahuan merupakan suatu yang sangat dibutuhkan oleh umat manusia di dunia ini. Ilmu pengetahuan merupakan syarat kebahagiaan hidup manusia didunia maupun untuk di akhirat kelak.Dengan ilmu pengetahuan manusia bias menjalakan kehidupaya dengan baik dan benar di dunia ini. Dalam islam pun menuntut ilmu sangat dianjurkan, dalam agama islam pada dasarnya adalah ilmu dan dan amal ,dengan ilmu maka manusia bisa tumbuh dengan baik dan benar sesuai dengan ajaran islam dan tuntunan rasullulah saw.menuntut ilmu akan mendekatkan hamba dengan rab nya,karena menuntu ilmu  merupakan suatu kewajiabn bagi umat muslim dan akan mendaptkan pahala besar dari allah swt bagi penuntutnya. Setiap manusia diperintahkan untuk menuntut ilmu sejak bayi sampai liang lahat. Untuk mendapatkan ilmu  baik itu ilmu agama , pendidikan , ataupun lainya sebaiknya kita memperhatikan aklhak dalam menuntut ilmu agar dapat memberikan manfaat kepada orang lain.karena menunut ilmu sudah jelas hukumnya adalah wajib baik pria maupun perempuan.

 

 

 

 

Ilmu merupakan fondasi utama setiap manusia di dunia sebelum bertindak dan berbuat.dengan perkembangan dan kemajuan ilmu  ini  manusia bisa membrikan kemudahan dan kepraktisan bagi dirinya sendiri mauupun orang lain di kehidupan bermasyarakat.ilmu pengetahuan merupakan suatu yang sangat penting karena tidak mungkin seseorang mampu melakukan sesuatu dengan baik tanpa didaari oleh suatu pengetahuan yang ia peroleh.

 

Akhlak menuntut ilmu seorang muslim harus menampakkan akhlak yang baik dan iklhas semata mata hanya mencari keridhoan allah swt terpuji tidak boleh tercela,manusia yang mempunyai ilmu pasti akan memprlihtkan perbuatan dan perkataan yang dapat diterima akal sehat dan mencerminkan sopan santun  pridadi yang bijaksana. Misalnya orang itu mempunyai sifat baik,tanggung jawab,rajin,disiplin,ramah, penyayang,tidak sombong,suka menolong dll, sifat tersebut merupakan salah satu contoh insan  muslim yang baik dan berilmu.

 

Berikut merupakan beberapa contoh kebaiakan menuntut ilmu :

  1. Mendapatkan pahala yang terus mengalir
  2. Ada di jalan allah
  3. Memperbaiki akhlak
  4. Oleh allah derajatnya ditinggikan
  5. Memperluas Pengetahuan
  6. Dimudahkan urusanya oleh allah
  7. Dipermudah masuk surga

 

Melihat dari bebrapa contoh kebaikan menunut ilmu diatas dapat disimpulkan bahwasanya menuntut ilmu merupakan sebuah perbuatan wajib yang sangat berguna bagi setiap insan manusia di dunia karena banyaknya keistimewaan dari menuntut ilmu.Dalam proses menuntut ilmu kita harus memahami kaidah dasar  mencari ilmu yai dengan cara menghafal kaidah dasar kepada yang lebih ahli atau paham bukan dengan cara autodidak dan bertahap.Niat sebagai prinsip dasar  dan tidak ada tekanan atau paksaan sebab keiklhasan dan kejujuran sangat penting.

 

 

Adab Adab Dalam Menuntut Ilmu

  1. Niat ikhlas karena allah swt
  2. Menyucikan hati dan pikiran
  3. Meminta ilmu yang bermanfaat
  4. Tidak sombong dan malu dalam menunut ilmu
  5. Memahami dengan baik materi penjelasan dari guru
  6. Mengamalkan ilmu dengan baik

 

 

 

 

 

 

Itulah beberapa ulasan singka tentang “Menunut ilmu dalam pandangan islam” betapa pentingnya umat islam untuk menuntut ilmu karena dalam islam menunut ilmu merupakan sesuatu hal yang wajib harus dilakukan setiap insan  muslim diseluruh dunia,menuntut ilmu sangat penting bagi bagi manusia individu maupun orang lain, untuk manusia bisa mengetahui mana yang benar dan mana yang salah, dan karena saking banyaknya keistimewaan keutamaan dan hal hal baik lainya dalam menunut ilmu sangat sangat penting  seperti apa yang diperintahkan oleh allah swt

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

below article banner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *