Home / Keluarga / Pentingnya Cairan

Pentingnya Cairan

Tak hanya makanan, asupan cairan penting untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh, menjaga kerja ginjal, menyehatkan kehamilan juga baik untuk kulit ibu hamil.
saat hamil, jaga kecukupan asupan cairan ke dalam tubuh minimal 8 gelas per hari. Inilah deretan minuman yang tersedia selain air putih:
Susu dan yogurt, sehat karena mengandung hampir semua zat gizi terutama    kalsium dan vitamin D.
Jus buah, pilih jus asli yang tidak disaring agar kaya serat dan hindari minuman rasa buah karena rasa buahnya biasanya berasal dari zat aditif yang dicampur ke air dan gula.
Air minum beroksigen dan air mineral, aik karena memenuhi standar persyaratan air minum.
Jamu, yang baik unutk ibu hamil adalah asam jawa dan beras kencur. Asam    jawa menyegarkan, beras kencur mengusir rasa lelah.        
Ada beberapa jenis cairan yang sebaiknya dibatasi konsumsinya, diantaranya:
Minuman berkarbonasi, terbuat dari air, perisa sintetis, garam karbonat dan gula. Harus dibatasi karena kadar gulanya yang tinggi menggemukkan dan berbahaya bagi ibu diabetes, kadar asamnya berisiko menimbulkan karies gigi, kafeinnya juga kurang baik bagi kehamilan. 
Isotonik, terbuat dari air, gula, garam natrium, perisa, dan ion senyawa elektrolit. Memang dapat mengganti elektrolit saat berkeringat, tapi minuman jenis ini bukan pengganti air putih dan biasanya berpengawet.
Teh kemasan, mengandung protein, lemak, kafein, tanin dan polifenol. Kandungan kafein menimbulkan rasa ingin berkemih dan kurang baik bagi janin. Tanin juga menghambat penyerapan zat besi yang diperlukan untuk membentuk sel darah merah ibu dan janin, mencegah anemia, memelihara kehamilan agar kuat saat bersalin, dan membangun sistem enzim pada ASI.  

www.ayahbunda.co.id

 

About Moch Wahib Dariyadi

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Check Also

Cara Agar Cepat Hamil

7 Langkah Agar Cepat Hamil – Anda tidak akan dapat hamil bila tidak memproduksi sel ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *