Home / Keluarga / Risiko Prematur Karena Leher Rahim Pendek

Risiko Prematur Karena Leher Rahim Pendek

Istri Anda mengalami inkompetensia serviks (kelemahan serviks), yaitu mulut rahim memendek dan mudah terbuka akibat tekanan kepala janin. Hal ini bisa memicu terjadinya keguguran atau persalinan prematur. Penyebabnya antara lain faktor genetik (bawaan dari lahir), riwayat operasi pada serviks, kerusakan atau trauma saat persalinan sebelumnya, juga trauma karena kuretase/aborsi.

Diagnosis dilakukan melalui pemeriksaan dan USG (ultrasonografi) serviks pada kehamilan trimester kedua, dan dipasang cerclage (penjahitan pada serviks untuk menutup sementara) pada usia kehamilan 14-16 minggu. Serokat (salah satu teknik cerclage) akan dilepas kira-kira 2 minggu sebelum persalinan (minggu ke-36 sampai ke-38). Persalinan dapat dilakukan secara normal selama tidak ada indikasi yang menghalangi janin lahir dan panggul ibu proporsional. Untuk kehamilan berikutnya, kemungkinan prosedur cerclage dilakukan kembali, dengan evaluasi sebelumnya, perlu atau tidak dilakukan pada usia kehamilan 14-16 minggu.

www.ayahbunda.co.id

 

About Moch Wahib Dariyadi

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Check Also

Cara Agar Cepat Hamil

7 Langkah Agar Cepat Hamil – Anda tidak akan dapat hamil bila tidak memproduksi sel ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *