Home / Serba serbi / Tahapan Membuat Website Yang Baik

Tahapan Membuat Website Yang Baik

Sebuah desain website secara visual harus menarik. Mengingat desain bisa mencerminkan suatu produk, menggambarkan karakter perusahaan, maupun mevisualisasi pribadi seseorang. Hal pertama yang ditangkap pengunjung ketika tiba pada sebuah website adalah desain website tersebut (layout, image, dan elemen desain lainnnya), pengunjung tidak membaca konten terlebih dahulu, melainkan tanpa sadar memilah secara visual dan kemudian baru memutuskan akan melanjutkan mendalami konten atau meninggalkan website. Terutama apabila pengunjung yang baru pertama kali mendatangi sebuah website, kesan pertama yang dia tangkap akan menjadi penentu, apakah website ini pantas dikunjungi lagi atau tidak.

Pencitraan website bisa dibangun dengan memanfaatkan visual desain, sebuah desain website bisa saja dibangun menjadi berbagai karakter. Penting sekali untuk menentukan karakter yang tepat, yang sesuai dengan misi dan latar belakang website tersebut. Sebagai gambaran mudah, untuk website sebuah perusahaan finansial karakter yang dibangun secara visual harus memberi kesan profesional, aman, formal, dan sekaligus bisa mengambil kepercayaan pengunjung website.

Sedangkan website personal, ataupun blog personal, bisa ditampilkan lebih santai, informal, hangat, tidak terlalu kaku dan menuntut, sehingga pengunjung bisa merasakan kedekatan dengan pribadi pemilik website. Bisa saja website personal menampilkan kesan ceria, aktif, dan dinamis, atau bisa juga misterius, atau lainnya, tergantung personality yang ingin ditampilkan oleh pemilik website kepada pengunjungnya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada desain website, diantaranya adalah:

Penggunaan warna yang tepat

Warna sangat berpengaruh dalam sebuah desain. Seperti yang telah kita ketahui, masing masing warna memiliki karakter tersendiri, dan mecerminkan suasana tertentu. Skema warna (kombinasi warna) dalam desain harus bisa mewakili karakter yang diinginkan. Tetapi perlu diingat, kombinasi warna yang berlebihan akan mengalihkan pengunjung dari konten website.

Teks yang mudah dibaca

Teks harus mudah dibaca, hal ini bisa dicapai dengan mengatur kontras warna teks dengan background. Selain itu penggunaan font yang tepat juga perlu diperhatikan, jenis font, ukuran font, style dan konsistensinya dalam desain. Selain itu pengaturan paragraf dan jarak antara teks dengan elemen lain juga perlu diperhatikan. Whitespace atau ruang kosong antar elemen harus harmonis. Semua hal tersebut bertujuan supaya Teks mudah dibaca.

Desain visual yang harmonis

Image atau gambar secara visual merupakan unsur atau elemen utama dalam desain. Image bisa digunakan sebai pemanis, atau penyeimbang atau point of interest. Sebaiknya pemilihan image sesuai dengan keseluruhan tema dan karakter desain website. Komposisi image dengan elemen lain juga harus sesuai, adakalanya sebuah website membutuhkan image yang besar (hampir fullscreen) untuk memberi kesan tertentu, dan dikombinasi dengan teks yang lebih kecil porsinya, ada pula website dengan komposisi teks yang lebih banyak dan image hanya sebagai unsur tambahan. Komposisi antara image dengan teks tergantung dari tema dan karakter yang ingin dibangun.

Yang penting harus bijaksana dalam memilih, menempatkan, dan mengkomposisi image, dan yang tidak kalah penting adalah kualitas image itu sendiri. Hal lain yang harus menjadi pertimbangan adalah besarnya file. Kecepatan load sebuah halaman website sebagian besar ditentukan oleh besarnya ukuran file, terutama image, apalagi bagi kita di Indonesia yang kecepatan akses internetnya sebagian besar dibawah rata-rata.

Layout yang Simpel

Layout atau tataletak desain diusahakan sesederhana mungkin, minimalisir elemen-elemen yang tidak penting, maksimalkan whitespace (jarak antar elemen). Website dengan layout yang baik, mudah untuk dijelajahi, pengunjung mudah untuk menemukan sesuatu, dan dengan cepat menemukan apa yang dicarinya.

Layout yang berantakan membuat pengunjung kesulitan dan membutuhkan waktu lebih lama untuk menemukan sesuatu. Penempatan yang tidak sesuai, point of interest yang menyesatkan, dan urutan tata letak yang acak, sangat tidak menguntungkan.

Alur yang mudah dimengerti

Layout desain website harus bisa menuntun pengunjung dan mengarahkan mereka ke sesuatu yang kita inginkan, jadi kitalah yang menuntun alur perhatian pengunjung dari titik a, ke titik b, ke titik C, dan seterusnya, sehingga tujuan kita dan misi dari website bisa dicerna dengan baik oleh pengunjung. Hal ini tidaklah mudah, berbeda dengan media lain seperti televisi, dan koran, audience dalam kendali pemberi informasi, mereka menerima apa adanya dan pasif, dan tidak melakukan tindakan aktif untuk memilah. Sedangkan pada website, pengunjung memiliki kendali penuh, mereka aktif, dan oleh karena itu alur dari desain website harus jelas dan mudah dipahami agar pengunjung tidak frustasi menemukan apa yang mereka inginkan.

Menu Navigasi yang jelas

Salah satu elemen penting yang juga wajib diperhatikan adalah navigasi atau menu. Menu navigasi adalah satu-satunya cara pengunjung berinteraksi dengan website. Ada banyak cara dan banyak desain menu navigasi, tetapi yang tidak boleh dilupakan adalah fungsi utamanya, sebagai alat interaksi pengunjung dengan website.

Website bisa saja mempunyai beberapa menu/navigasi, bisa diatas pada header, atau pada sidebar, maupun dibawah pada footer. Tidak ada rumus yang mengharuskan dimana kita menempatkan menu, yang penting harus menyatu dengan alur dan layout desain sebuah website.

 

Memang Desain sebuah Website penting, tetapi selain desain Konten pada website juga merupakan hal yang tidak kalah penting, bahkan beberapa beranggapan konten yang paling penting, konten adalah raja . Orang mengunjungi sebuah website karena ingin mengambil suatu manfaat yaitu informasi, dan informasi didapat dari konten website yang dikunjunginya. Konten adalah isi dari website, bisa berupa kumpulan artikel, kumpulan foto dan gambar maupun video, atau list dari produk yang anda jual dalam website toko online anda.

Tips singkat, Membuat Konten website yang efisien.

  • Konten yang sesuai dengan Misi dan tujuan dari website. Pastikan semua konten dari website anda mulai dari desain, tulisan, dan foto selalu fokus dan sesuai dengan Misi dan tujuan website anda.
  • Konten website yang Singkat padat dan jelas. Anda hanya mempunyai waktu 10 detik untuk meyakinkan pengunjung yang membuka halaman website anda, untuk itu sediakan konten yang singkat dan cepat dimengerti.
  • Informasi disampaikan secara singkat dan jelas. Apabila bahasan pada halaman website cukup panjang, berikan rangkuman, atau poin-poin penting dalam heading.
  • Sesuaikan Konten dengan Target Audience Website anda. Pastikan anda mempunyai gambaran tentang audience dari website anda, siapa saja dan seperti apa profil orang yang menjadi target, dengan begitu anda bisa mengoptimalkan konten dan desain website sesuai dengan kebutuhan audience website anda.
  • Konten yang menarik diselingi dengan Image. Konten dibuat semenarik mungkin, dan kalimat juga disesuaikan supaya pengunjung dalam waktu yang singkat bisa memahami garis besar informasi yang anda sampaikan. Selain itu selingi tulisan dengan Foto atau ilustrasi yang menunjang, sehingga tanpa membaca orang bisa tahu inti tulisan dan menjadi tertarik untuk mendalami.
  • Gunakan bahasa yang mudah. Untuk menjadi informatif dan bermanfaat, konten dalam website anda harus mudah dipahami dan mudah ditelaah oleh audience.
  • Update Konten secara berkala dan kontinyu. Untuk tetap menarik pengunjung, website harus tetap menyediakan informasi yang baru secara berkala, sehingga orang juga akan mendapat manfaat dan informasi baru setiap kali mengunjungi website anda di lain waktu.

About Moch Wahib Dariyadi

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Check Also

Khutbah Jumat Kemerdekaan RI

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *