Wednesday, 24 July 2024
above article banner area

Perguruan Tinggi Terbaik di Jawa Timur Versi QS AUR 2024

Jawa Timur, 14 November 2023 – Provinsi Jawa Timur, salah satu wilayah yang dikenal dengan beragam perguruan tinggi berkualitas, kembali meraih pengakuan internasional dalam dunia pendidikan tinggi. Quacquarelli Symonds (QS), salah satu lembaga pemeringkat pendidikan terkemuka di dunia, telah merilis hasil pemeringkatan perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi QS Asia University Rankings (AUR) 2024. Hasil pemeringkatan ini memberikan gambaran yang berharga bagi calon mahasiswa yang ingin memilih perguruan tinggi di Jawa Timur pada tahun 2024.

QS AUR 2023 mempertimbangkan 11 indikator yang mencakup berbagai aspek kualitas perguruan tinggi, termasuk reputasi akademik, reputasi pemberi kerja, kutipan per makalah, rasio mahasiswa fakultas, jaringan penelitian internasional, fakultas internasional, mahasiswa internasional, mahasiswa pertukaran inbound, mahasiswa pertukaran outbound, dan jumlah staf dengan gelar PhD.

Berikut adalah daftar 10 perguruan tinggi terbaik di Jawa Timur menurut QS AUR 2023:

1. Universitas Airlangga (Unair): Meraih peringkat ke-4 di Indonesia dan ke-67 di Asia dengan skor total 53.1. Unair, yang berlokasi di Surabaya, didirikan pada tahun 1954 dan menawarkan beragam program studi di berbagai bidang.

2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS): Meraih peringkat ke-6 di Indonesia dan ke-128 di Asia dengan skor total 36.3. ITS fokus pada bidang teknologi dan sains, dengan berbagai program sarjana, vokasi, magister, doktor, dan sarjana internasional.

3. Universitas Brawijaya (UB): Meraih peringkat ke-9 di Indonesia dan ke-208 di Asia dengan skor total 26. UB, yang didirikan pada tahun 1963, memiliki visi menjadi universitas berkelas dunia dan menawarkan berbagai program studi.

4. Universitas Negeri Malang (UM): Menduduki peringkat antara 651-700 di Asia dan ke-22 di Indonesia.

5. Universitas Kristen Petra: Menduduki peringkat antara 651-700 di Asia dan ke-23 di Indonesia.

6. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM): Menduduki peringkat antara 651-700 di Asia dan ke-25 di Indonesia. UMM menawarkan berbagai program studi dari beragam bidang.

7. Universitas Surabaya (Ubaya): Menduduki peringkat antara 701-750 di Asia dan ke-30 di Indonesia. Ubaya menawarkan beragam program studi dari farmasi hingga ilmu komputer.

8. Universitas Jember (Unej): Menduduki peringkat di atas 801 di Asia dan ke-40 di Indonesia. Unej merupakan cabang dari Universitas Airlangga dan memiliki 15 fakultas dengan berbagai program studi.

9. Universitas Ciputra Surabaya: Menduduki peringkat di atas 801 di Asia dan ke-41 di Indonesia. Universitas Ciputra Surabaya, yang didirikan pada tahun 2006, memiliki 7 fakultas dengan lebih dari 5.500 mahasiswa.

10. Universitas Negeri Surabaya (Unesa): Menduduki peringkat di atas 801 di Asia dan ke-42 di Indonesia. Unesa, yang awalnya merupakan institut keguruan, menawarkan berbagai program studi jenjang sarjana dan pascasarjana.

Hasil pemeringkatan ini memberikan panduan berharga bagi calon mahasiswa yang ingin mengejar pendidikan tinggi di Jawa Timur. Memilih perguruan tinggi dengan reputasi yang kuat dapat menjadi langkah penting dalam meraih pendidikan berkualitas. Dengan berbagai pilihan perguruan tinggi terkemuka di Jawa Timur, para calon mahasiswa dapat mengejar impian pendidikan mereka di lembaga-lembaga ternama ini.

Share
below article banner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *