Wednesday, 24 July 2024
above article banner area

Fenomena Cek Khodam Online di TikTok Menjadi Viral

Jakarta, Juni 2024 – Platform media sosial TikTok kembali menjadi pusat perhatian dengan kemunculan tren baru yang kontroversial, yaitu cek khodam online. Pengguna TikTok kini ramai-ramai melakukan ritual untuk memeriksa keberadaan khodam atau entitas spiritual melalui video-video pendek yang mereka bagikan.

Dalam video-video ini, para pengguna memperlihatkan berbagai cara dan ritual untuk mengecek khodam, menggunakan medium seperti cermin, lilin, dan doa-doa tertentu. Video-video ini dihiasi dengan efek visual yang dramatis dan suasana yang mistis, menarik jutaan penonton dan menciptakan perdebatan di dunia maya.

Dr. Arif Hidayat, seorang dosen dari Universitas Muhammadiyah Surabaya, memberikan pandangannya tentang fenomena ini. “Tren cek khodam online ini lebih banyak dikategorikan sebagai hiburan daripada praktik spiritual yang serius. Kita perlu mengedukasi masyarakat agar lebih kritis dan tidak mudah percaya pada hal-hal yang tidak memiliki dasar ilmiah yang kuat,” ujarnya.

Sementara itu, sebagian masyarakat melihat tren ini sebagai bentuk hiburan dan eksplorasi budaya spiritual yang tidak berbahaya. Pengguna TikTok dengan nama akun @Rina_Spiritual, misalnya, mengklaim bahwa praktik ini adalah bagian dari warisan budaya yang perlu dilestarikan. “Ini adalah cara kami untuk terhubung dengan leluhur dan dunia spiritual. Selama dilakukan dengan niat baik, saya rasa tidak ada yang salah,” kata Rina dalam salah satu videonya.

Namun, tidak semua pihak setuju dengan pandangan tersebut. Beberapa ahli kesehatan mental memperingatkan bahwa tren semacam ini dapat menimbulkan efek psikologis yang negatif, terutama bagi mereka yang rentan terhadap sugesti dan ketakutan. Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Budi Hartono, juga mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati. “Kami menghimbau masyarakat untuk tidak sembarangan mengikuti tren yang belum tentu bermanfaat dan bisa menimbulkan kekhawatiran atau ketakutan yang tidak perlu,” tegasnya.

Fenomena cek khodam online ini menunjukkan betapa besar pengaruh media sosial dalam membentuk tren dan perilaku masyarakat. Meskipun menarik perhatian dan menjadi viral, penting bagi kita untuk selalu menggunakan nalar kritis dan kebijaksanaan dalam menyikapi setiap konten yang kita temui di dunia maya.

Dengan demikian, masyarakat diharapkan dapat lebih bijak dan kritis dalam mengonsumsi konten-konten di media sosial, serta tidak mudah terpengaruh oleh hal-hal yang tidak terbukti kebenarannya.

Share
below article banner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *