Wednesday, 24 July 2024
above article banner area
Tahu Enak Cak Uri

Para Kaligrafer Internasional Ikuti Konferensi Internasional Kaligrafi di UM ICAAL Konferensi Internasional Kaligrafi

Malang – 8 November 2021.  Pascasarja Universitas Negeri Malang mengadakan konferensi internasional untuk kaligrafi (ICALL), pada hari senin  8 november 2021. Konferensi ini diikuti lebih dari 15o peserta pemakalah yang datang dari berbagai negara di timur tengah dan juga asia. Sedangkan yang menjadi peserta biasa lebih dari 200 peserta. Acara ini berlangsung selama 6 jam dimulai pada pukul 13.00 wib sampai dengan pukul 18.00.

Acara dibuka oleh wakil direktur pascasarjana yang sekaligus menjadi ketua panitia konferensi ini, Prof Dr. Nurul Murtadho. Ust Nurul mengatakan bahwa konferensi ini akan diadakan secara konsisten tahunan, sehingga peserta bisa mengikuti lagi pada tahun berikutnya. Konferensi ini juga menjadi awal dari rencana pascasarjana UM untuk membuka program studi S2 Kaligrafi.

Luaran yang dihasilkan dari konferensi ini adalah berupa artikel yang akan dipublikasikan pada jurnal kaligrafi dan juga selebihnya akan dimasukkan pada prosiding kaligrafi. Terkumpul sekitar 150 artikel dalam bahasa Arab, inggris dan Indonesia. Artikel yang berbahasa asing  dan sesuai dengan kriteria jurnal maka akan dimasukkan dalam jurnal kaligrafi atau alarabi, sedangkan yang berbahasa indonesia secara otimatis masuk pada prosiding.

Hadir menjadi keynote speaker pada konferensi ini Prof Nadia, seorang pemerhati kaligrafi internasional dan hadir pula Ustadz Athoillah, kaligrafer dari Indonesia yang banyak meraih penghargaan dari luar negeri.

 

Share
below article banner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *