Friday, 19 July 2024
above article banner area

Cara Mempercepat Booting Android

Pernahkah anda menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sebuah perangkat android pada saat dinyalakan? Jika pernah, berapa waktu yang diperlukan ponsel android anda untuk booting? Pastinya hal tersebut akan memakan waktu lebih dari 30 detik untuk menyalakan gadget populer tersebut.mempercepat booting android

Mungkin anda mengeluhkan waktu yang dibutuhkan untuk booting perangkat android anda. Memang waktu booting android dipengaruhi oleh beberapa faktor dari android itu sendiri. Pada tips kali ini, linkcerdas.com akan membagikan tips mempercepat booting android untuk anda. Namun sebelum mengetahui cara mempercepat waktu booting ponsel android, sebaiknya kita lihat dulu faktor apa saja yang mempengaruhi waktu booting android anda. Berikut ini adalah faktor yang mempengaruhi waktu booting ponsel android:

Faktor yang mempengaruhi waktu booting android:

  • Space memori ponsel android. Semakin sedikit space yang tersisa di ponsel android, maka waktu booting ponsel akan semakin lama. Ini dikarenakan ponsel android akan memeriksa terlebih dahulu file yang ada di memori ponsel pada saat booting.
  • Aplikasi yang terinstal di ponsel. Biasanya ada aplikasi yang otomatis berjalan pada saat ponsel android anda dinyalakan. Nah, aplikasi tersebut akan membutuhkan waktu untuk loading sehingga proses booting akan memakan waktu yang lebih lama.
  • Kernel yang digunakan. Kernel memang sangat berpengaruh terhadap waktu booting ponsel. Kernel adalah yang menghubungkan antara hardware ponsel dengan OS sehingga kernel yang anda gunakan sangat berpengaruh terhadap waktu booting.
  • ROM yang digunakan. ROM juga berpengaruh terhadap waktu booting ponsel. Ini dikarenakan dalam ROM tersebut sudah terprogram aplikasi dan service default yang akan berjalan secara otomatis jika ponsel dinyalakan.

Untuk mempercepat waktu booting ponsel android, ada 2 cara yang bisa digunakan versi linkcerdas.com yaitu menggunakan cara manual dan menggunakan software android. linkcerdas.com akan membahasnya satu per satu.

Tips Mempercepat Android Tanpa Software:

  • Sediakanlah ruang kosong untuk memori ponsel anda baik internal maupun eksternal. linkcerdas.com merekomendasikan minimal untuk menyediakan seperlima dari kapasitas memori anda sebagai ruang kosong.mempercepat booting android
  • Jangan lupa matikan aplikasi jika sudah tidak digunakan lagi. Biasanya aplikasi yang masih berjalan di background akan otomatis berjalan ketika ponsel dinyalakan.
  • Gunakan kernel yang cocok untuk ponsel android anda. Tidak semua kernel cocok untuk ponsel android. Biasanya kernel yang digunakan tergantung dari ROM android dan juga versi dari OS android dan firmware.mempercepat booting android
  • Gunakan ROM yang mempunyai kelebihan dalam hal booting dan menjalankan performa android anda. Tampilan ROM sebaiknya anda taruh di nomor 2, sedangkan performa sebaiknya anda letakkan pada posisi yang pertama agar mendapatkan performa yang sesuai dari ponsel.mempercepat booting android

Tips Mempercepat Booting Android Menggunakan Software:

Software yang digunakan untuk mempercepat waktu booting ponsel bernama Rescan Media Root. Namun perlu diingat bahwa aplikasi ini membutuhkan hak akses ke system ponsel sehingga ponsel android anda harus sudah dalam keadaan root. Untuk mendownloadnya, anda bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis di Google Play. Untuk menggunakannya, ikuti cara dibawah ini:

  • Silakan anda download dan install aplikasi Rescan Media Root di ponsel android.
  • Aktifkan USB Debugging android anda dengan cara menuju ke Settings > Applications > Development. Silakan centang USB Debugging.
  • Buka aplikasi Rescan Media Root, kemudian silakan anda pilih Disable Media Scanner.
  • Silakan anda tutup aplikasi tersebut dan restart ponsel anda. Bandingkan dengan sebelum menggunakan aplikasi tersebut, tentunya ponsel android akan terasa lebih cepat bootingnya pada saat menggunakan aplikasi tersebut.

Demikianlah tips untuk mempercepat booting android anda baik dengan menggunakan software, maupun yang tanpa menggunakan software. Jika cara tersebut sudah anda lakukan, maka sekarang ponsel android anda akan memiliki waktu booting yang lebih singkat dari sebelumnya.

Share
below article banner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *